Sosok.ID - Undang-undang baru China memberi kapal penjaga pantai China alias China Coast Guard (CCG) lebih banyak kebebasan untuk menggunakan kekerasan.
Hal itu telah meningkatkan kekhawatiran negara-negara tetangga.
Dikutip Sosok.ID dari The Strategist, Selasa (16/2/2021), Filipina dilaporkan mengajukan penolakan resmi terhadap hal tersebut pada 27 Januari lalu.
Mereka menekankan bahwa mengingat luasnya wilayah yang terlibat dan sengketa China yang sedang berlangsung di Laut China Selatan, undang-undang tersebut merupakan ancaman verbal perang bagi negara mana pun yang menentangnya.
Pada 8 Februari, seminggu setelah undang-undang diberlakukan, kapal patroli maritim terbesar China, Haixun 06 diluncurkan dari galangan kapal Wuhan.
Ini akan digunakan untuk 'mengatur perairan Selat Taiwan', mencegah polusi, menangani insiden maritim, pertukaran lintas selat dan menjaga kedaulatan maritim nasional, menurut Administrasi Keselamatan Maritim Fujian.
Karena administrasi berada di dalam Kementerian Perhubungan daripada CCG, perkembangan tersebut menunjukkan bahwa undang-undang baru tersebut merupakan ancaman.
Tidak hanya karena mengizinkan CCG untuk menggunakan kekuatan, tetapi juga karena menyatakan tekad China untuk mengejar 'pertahanan dekat laut dengan perlindungan laut jauh' dengan memobilisasi sumber daya nasional untuk mendukung CCG mencapai kendali penuh atas wilayah 'dekat laut' Tiongkok.
Undang-undang tersebut bertujuan untuk mengkonsolidasikan peran CCG dalam pertahanan dekat laut.
Pasal 2 dan 3 dengan jelas menyatakan bahwa Otoritas Penjaga Pantai yang mengacu pada Korps Penjaga Pantai Pasukan Polisi Bersenjata Rakyat Tiongkok — bertanggung jawab melindungi hak kedaulatan maritim Tiongkok dan menjalankan hukum operasi penegakan hukum di 'perairan yurisdiksi'.
Undang-undang tersebut menekankan integrasi sumber daya politik, militer, dan sipil untuk mendukung perkembangan CCG.
Dikatakan bahwa Dewan Negara, pemerintah daerah dan militer harus memperkuat kerjasama dengan CCG (Pasal 8) dan menyusun rencana tata ruang nasional sesuai dengan persyaratan CCG untuk penegakan hukum, pelatihan dan fasilitas (Pasal 53).
Undang-undang juga memberi wewenang kepada CCG untuk mengambil alih transportasi, sarana komunikasi, dan ruang milik organisasi sipil atau individu untuk melindungi hak kedaulatan maritim atau untuk menegakkan hukum (Pasal 54).
Undang-undang jelas menargetkan intervensi asing. Pasal 21 menyatakan bahwa, jika kapal militer atau pemerintah asing yang beroperasi untuk tujuan non-komersial melanggar hukum dan peraturan Tiongkok di perairan di bawah yurisdiksi Tiongkok dan mereka menolak untuk pergi, otoritas CCG memiliki hak untuk mengambil tindakan seperti deportasi atau penarikan paksa.
Pasal 47 mengizinkan CCG menggunakan senjata api genggam dan tindakan lain jika kapal asing memasuki perairan China untuk melakukan operasi ilegal dan gagal mematuhi permintaan CCG untuk naik dan melakukan inspeksi.
Baca Juga: Siaga Tingkat Tinggi, Armada US Navy dan PLA Navy China Bertemu di Laut Sengketa
Berdasarkan Pasal 48, CCG berwenang untuk menggunakan senjata api yang melintasi kapal atau udara saat menangani 'insiden kekerasan serius' di laut atau melawan serangan terhadap kapal atau pesawat penegak hukum.
Versi final undang-undang yang disahkan pada 22 Januari memberikan CCG lebih banyak fleksibilitas dibandingkan dengan draf yang dirilis pada November 2020.
Misalnya, draf Pasal 72 menjelaskan bahwa istilah 'perairan yurisdiksi' meliputi laut pedalaman, perairan teritorial, perairan yang bersebelahan zona, zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen — yang disebut Laut Cina Dekat yang meliputi Kepulauan Senkaku, Selat Taiwan, dan Laut Cina Selatan.
Penjelasan telah dihapus di versi final, menciptakan ruang lingkup yang lebih besar bagi CCG untuk melindungi klaim kedaulatan.
Selain itu, Pasal 46 dalam draf menyarankan agar CCG menghindari membidik di bawah garis air kapal saat menggunakan kekerasan, tetapi kalimat tersebut tidak muncul di versi final.
Pengamatan ini memiliki beberapa implikasi.
CCG adalah kekuatan garis depan China melawan intervensi asing dalam sengketa maritim regional, termasuk di Laut China Selatan dan Kepulauan Senkaku. Wilayah operasinya sekarang akan diperluas hingga mencakup Selat Taiwan.
Pada tahun 1988, pemimpin China Deng Xiaoping menetapkan tujuan yang mengatur untuk pengembangan angkatan laut, yang menyatakan bahwa, pada tahun 2020, kepentingan maritim China akan diamankan oleh kemampuan angkatan laut untuk memerintahkan 'laut dekat' ke rantai pulau kedua.
Sekarang misi angkatan laut telah melampaui rantai pulau pertama, CCG akan menjadi kekuatan utama untuk melindungi kedaulatan Tiongkok di wilayah itu.
CCG akan meningkatkan kemampuannya di bawah kerangka fusi sipil-militer dan mobilisasi pertahanan nasional.
Karena undang-undang memberikan dasar hukum bagi CCG untuk mengintegrasikan sumber daya politik, militer, dan sipil guna mendukung perkembangannya, memperkuat kerja sama dengan militer dan pembangunan fasilitas pendukung oleh pemerintah daerah dapat membantu melatih personel CCG dalam keterampilan dasar dan pengoperasian kapal patroli CCG yang lebih besar.
Perkembangan seperti itu akan membantu CCG menyelesaikan kesulitan yang dihadapinya dalam beberapa tahun terakhir.
Kurangnya definisi 'yurisdiksi perairan' di versi final akan meningkatkan potensi konflik.
Selain menciptakan peluang kesalahpahaman antara kapal asing dan CCG, hal ini memberikan fleksibilitas penjaga pantai untuk melakukan penegakan hukum di luar perairan yurisdiksi tradisionalnya.
Karena undang-undang baru tersebut membentuk lingkungan strategis di kawasan, ASEAN perlu menaruh perhatian tersebut ke dalam negosiasi kode etik Laut Cina Selatan di masa depan.
Negara-negara kawasan harus menganalisis lebih lanjut prosedur dan tindakan CCG, termasuk kerjasamanya dengan angkatan laut Tiongkok dalam skenario kontingensi dan konflik, untuk meningkatkan kemampuan respons cepat mereka.
Selain itu, meskipun Taiwan dan Jepang telah berupaya keras untuk memperkuat kemampuan angkatan laut Taiwan (kapal patroli terbesar Penjaga Pantai Taiwan, Chiayi, yang dapat mendaratkan helikopter S-70C angkatan laut Taiwan dan dapat diubah menjadi kapal militer, diluncurkan pada Juni 2020), penting juga bagi AS untuk melakukan pertukaran penjaga pantai dan bekerja sama dengan sekutu regional dalam mengembangkan strategi Indo-Pasifiknya. (*)