Follow Us

Rombongan Kapal Perang AS Riwa-riwi di Laut China Selatan Saat Taiwan Diserang Angkatan Udara China, Joe Biden Sungut Emosi Xi Jinping!

Rifka Amalia - Selasa, 26 Januari 2021 | 10:13
USS Theodore Roosevelt
public.navy.mil

USS Theodore Roosevelt

Sosok.ID - Laut China Selatan, dikenal sebagai perairan strategis yang dilalui triliunan dolar perdagangan setiap tahunnya.

Perairan ini telah lama menjadi fokus pertikaian antara Beijing dan Washington, dengan China yang sangat marah oleh aktivitas militer AS di sana.

Pada Sabtu (23/1/2021), beberapa hari setelah Joe Biden menjabat, grup kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt dan didampingi oleh tiga kapal perang, memasuki jalur tersebut.

Baca Juga: 13 Jet Tempur dengan 8 Pembom H-6K Dikerahkan China Saat Kapal Induk AS Dibawah Perintah Joe Biden untuk Pertama Kali Sambangi Laut China Selatan, Ada Apa?

Baca Juga: China Akhirnya Tak Bisa Berbohong, Dokumen Rahasia Bocor Sebut China Ubah Pulau Sengketa Ini Jadi Pangkalan Militer Utama di Laut China Selatan, 'Sudah Jadi Sejak Tahun 2017!'

Dikutip Sosok.ID dari Reuters, militer AS mengatakan kedatangan kapal induk AS di Laut China Selatan adalah untuk mempromosikan "kebebasan laut".

Bagi negara yang dipimpin oleh Xi Jinping, kedatangan kapal induk AS di Laut China Selatan hanya menambah ketidakstabilan kawasan dan mengancam perdamaian.

"Amerika Serikat sering mengirim pesawat dan kapal ke Laut China Selatan untuk melenturkan ototnya," kata juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, menanggapi misi AS.

“Ini tidak kondusif untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan," lanjutnya.

Baca Juga: Wanita Diduga Agen Mata-mata China Ditemukan Setengah Telanjang di Lemari Baju Pangkalan Militer Inggris Selama 2 Minggu, Tingkatkan Ketakutan Menyelinap ke Laut China Selatan

China telah berulang kali mengeluh tentang kapal Angkatan Laut AS yang mendekati pulau-pulau yang didudukinya di Laut China Selatan, di mana Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Taiwan memiliki klaim yang tumpang tindih.

Kelompok kapal induk AS, mengutip Reuters, memasuki Laut China Selatan pada saat yang sama ketika Taiwan melaporkan serangan oleh jet angkatan udara China ke bagian barat daya zona identifikasi pertahanan udaranya, yang memicu kekhawatiran dari Washington.

Source : Reuters

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest