Setelah Inggris, Kini Jerman Kirim Kapal Perang Menuju Laut China Selatan, Perang Dunia Barat Lawan Tiongkok Semakin di Ujung Mata?

(ilustrasi) Setelah Inggris, Kini Jerman Kirim Kapal Perang Menuju Laut China Selatan, Perang Dunia Barat Lawan Tiongkok Semakin di Ujung Mata? tangkap layar Global Times
(ilustrasi) Setelah Inggris, Kini Jerman Kirim Kapal Perang Menuju Laut China Selatan, Perang Dunia Barat Lawan Tiongkok Semakin di Ujung Mata?

Sosok.ID - Jerman kejutkan dunia internasional saat mengirim kapal perang ke Laut China Selatan.

Kebijakan militer ini disebut cukup mengejutkan lantaran untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade.

Diketahui, militer Jerman sudah hampir 20 tahun tidak memerintahkan prajuritnya untuk terjun ke kawasan Asia.

Namun pada Senin (2/8/2021), kabar mengejutkan diungkapkan oleh pihak berwenang Jerman soal kapal perang mereka yang diberi tugas baru.

Baca Juga: HMS Queen Elizabeth Obok-obok Laut China Selatan, PLA Janji Tendang Inggris

Ini artinya, Jerman bergabung dengan negara-negara Barat lainnya dalam memperluas kehadiran militernya di kawasan itu di tengah meningkatnya kekhawatiran atas ambisi teritorial China.

Reuters memberitakan, China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan di perairan yang mengandung ladang gas dan penangkapan ikan yang kaya.

Angkatan Laut AS, dalam unjuk kekuatan melawan klaim teritorial China, secara teratur melakukan apa yang mereka sebut operasi "kebebasan navigasi" di mana kapal mereka melewati beberapa pulau yang diperebutkan.

China pada gilirannya menolak misi AS, dengan mengatakan mereka tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

Baca Juga: Serius Ingin Menang, China Genjot Infrastuktur untuk Kendalikan Laut China Selatan Saat Perang: Ini Benar-benar Risiko!

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR

Laut China Selatan bakal semakin padat dengan kapal-kapal perang bangsa Eropa, perang dunia 3 bakal meletus?