Follow Us

Tiongkok Makin Nekat, Indonesia Harus Waspada Gegara Program Militer Rahasia Beijing Pernah Jangkau Dekat Sulawesi yang Berbatasan Dengan Laut China Selatan

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 15 Juli 2021 | 18:31
(ilustrasi) Tiongkok Makin Nekat, Indonesia Harus Waspada Gegara Program Militer Rahasia Beijing Pernah Jangkau Dekat Sulawesi yang Berbatasan Dengan Laut China Selatan
Tangkapan Layar/24h

(ilustrasi) Tiongkok Makin Nekat, Indonesia Harus Waspada Gegara Program Militer Rahasia Beijing Pernah Jangkau Dekat Sulawesi yang Berbatasan Dengan Laut China Selatan

Sosok.ID - Demi bisa kuasai Laut China Selatan, Tiongkok semakin berani mengembangkan sejumlah program militer rahasianya.

Program militer rahasia tersebut ternyata pernah ketahuan sampai menyasar di wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

Seperti yang dilansir dari euresiatimes.com (8/7/2021), menurut South China Morning Post, Beijing baru-baru ini mendeklasifikasi laporan tentang pengembangan kapal selam drone, sebuah proyek yang telah dimulai pada tahun 2010.

Benda tersebuta adalah drone bawah air yang mampu mengidentifikasi, melacak, dan menyerang kapal selam musuh tanpa campur tangan manusia.

Baca Juga: Sengit, PLA Kejar Kapal Perang AS pada Peringatan Arbitrase Laut China Selatan, Beijing Yakin Joe Biden Inginkan Baku Hantam

Ternyata kapal tanpa awak ini merupakan bagian dari proyek rahasia China, yang rinciannya telah dideklasifikasi.

Para peneliti mengungkapkan drone tak berawak itu dikirim untuk berpatroli di kedalaman 10 meter di sepanjang rute yang telah diatur sebelumnya.

Laporan tersebut tidak memberikan lokasi atau rute spesifik dari kapal selam tak berawak, tetapi koordinat dari peta di surat kabar menunjukkan bahwa kapal selam itu mungkin terletak di dekat pantai provinsi Fujian di China atau di sepanjang Selat Taiwan.

Dipercayain kini China tengah bekerja untuk mengembangkan platform tak berawak seperti kapal permukaan, pesawat layar jarak jauh, dan stasiun penelitian di dasar Laut China Selatan yang disengketakan.

Baca Juga: Perang Hampir Saja Terjadi di Laut China Selatan, Detik-detik Ketegangan Kapal Tempur AS dengan Tiongkok Terjadi, Nama Indonesia dan Negara-negara Tetangga Ikut Terseret

Serta, drone yang mampu terbang di atas dan di bawah permukaan Laut China Selatan.

Dari semua itu, tampaknya China telah menggunakan kapal selam drone di Laut China Selatan selama bertahun-tahun untuk melakukan operasi pengawasan dan pengintaian bawah air.

Source : intisari-online.com, south china morning post

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest