Follow Us

Perang Hampir Saja Terjadi di Laut China Selatan, Detik-detik Ketegangan Kapal Tempur AS dengan Tiongkok Terjadi, Nama Indonesia dan Negara-negara Tetangga Ikut Terseret

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 12 Juli 2021 | 19:57
(Ilustrasi) Perang Hampir Saja Terjadi di Laut China Selatan, Detik-detik Ketegangan Kapal Tempur AS dengan Tiongkok Terjadi, Nama Indonesia dan Negara-negara Tetangga Ikut Terseret
Ilustrasi via Anadolu Agency

(Ilustrasi) Perang Hampir Saja Terjadi di Laut China Selatan, Detik-detik Ketegangan Kapal Tempur AS dengan Tiongkok Terjadi, Nama Indonesia dan Negara-negara Tetangga Ikut Terseret

Sosok.ID - Meski beberapa waktu ini terlihat adem ayem, ternyata kawasan Laut China Selatan masih memiliki tingkat konflik yang sangat tinggi.

Bahkan beberapa pakar mengungkapkan apa yang terjadi di Laut China Selatan saat ini bisa memicu perang dunia ketiga terjadi.

Termasuk dengan kegiatan militer yang dilakukan oleh dua negara dengan kekuatan perang paling besar di dunia, yakni China dan Amerika Serikat (AS).

Nama Indonesia dan beberapa negara tetangga pun ikut terseret dalam konflik yang terjadi di Laut China Selatan tersebut.

Baca Juga: Mimpi Buruk Nelayan Filipina Setelah Milisi Beijing Tabrak Kapal di ZEE Laut China Selatan, Sosok Randy Megu: Saya Sangat Takut..

Militer China mengatakan, mereka "mengusir" sebuah kapal perang AS yang secara ilegal memasuki perairan Tiongkok di dekat Kepulauan Paracel Laut China Selatan pada Senin (12 Juli).

USS Benfold memasuki perairan Paracels tanpa persetujuan Pemerintah China, melanggar kedaulatan China dan merusak stabilitas Laut China Selatan, Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan.

"Kami mendesak Amerika Serikat untuk segera menghentikan tindakan provokatif seperti itu," kata Komando Teater Selatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Angkatan Laut AS tidak segera berkomentar.

Baca Juga: Mulai Berani? Taiwan Desak AS Hancurkan China untuk Hentikan Invasi, Ketakutan Perang Sangat Kencang

Paracel terdiri ratusan pulau, terumbu karang, dan atol di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya yang diperebutkan oleh Cina, Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia, dan Brunei.

Source : Kontan.co.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest