Follow Us

HMS Queen Elizabeth Obok-obok Laut China Selatan, PLA Janji Tendang Inggris

Rifka Amalia - Senin, 02 Agustus 2021 | 17:36
Ilustrasi - armada kapal China di Laut China Selatan
via Anadolu Agency

Ilustrasi - armada kapal China di Laut China Selatan

Sosok.ID - Perebutan kekuasaan telah meletus setelah Beijing menilai sebuah kapal induk Inggris menantang aturan Laut China Selatan di China.

Negara yang dipimpin oleh Xi Jinping itu mengatakan, apa yang dilakukan Inggris akan ada konsekuensinya.

Dilansir dari news.com.au, Senin (2/8/2021), China mengatakan telah meluncurkan beberapa latihan militer saat kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth memasuki Laut China Selatan.

China menyebut kunjungan kapal itu "kolonial". Memperingatkan bahwa jika "mengganggu" pulau dan terumbu yang diklaim China, kapal itu akan "diusir".

Baca Juga: Inggris dan AS Telah Gerakkan Pasukan ke Benua Asia, China dan Rusia Kedapatan Gelar Latihan Perang Bersama Dengan 10.000 tentara, Perang Makin Dekat?

“China akan mengakhiri perjuangan antara kekuatan hegemoni dan anti-hegemoni dengan AS. Semua negara lain di luar kawasan disarankan untuk menjauh dari konfrontasi ini untuk menghindari 'cedera yang tidak disengaja', ”sebuah editorial media yang dikendalikan China memperingatkan.

Hingga saat ini, satu-satunya negara yang secara langsung menantang klaim kedaulatan 12 mil laut (22 km) yang ditolak Beijing adalah Amerika Serikat.

Penentangan itu terjadi lagi Kamis, dengan kapal perusak USS Benfold melewati Selat Taiwan yang bermasalah.

Baca Juga: Musuh Makin Beijbun, Inggris Bersatu dengan Jepang dan AS Demi Pecundangi China atas Konflik di Laut Asia

Tetapi dunia sedang mengamati untuk melihat apakah London akan bergabung dengan AS dalam melintasi "garis merah" semacam itu.

“Mengirim kapal perang dalam jarak 12 mil dari wilayah Tiongkok merupakan tantangan langsung terhadap kepentingan inti Tiongkok, yang dapat mengakibatkan salah penilaian,” Global Times yang dikendalikan Partai Komunis Tiongkok memperingatkan.

Negara-negara lain, termasuk Australia, telah membatasi diri untuk mengoperasikan kapal perang di perairan internasional dan jalur pelayaran terdekat.

Source : news.com.au

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest