Follow Us

Menhan Prabowo Getol Pilih Rafale Untuk Perkuat Militer Indonesia, Ternyata Jet Tempur Asal Perancis Juga Dilirik Negara-negara Hebat Ini!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 24 Desember 2021 | 20:31
Menhan Prabowo Getol Pilih Rafale Untuk Perkuat Militer Indonesia, Ternyata Ini Kelebihan Jet Tempur Asal Perancis!
airforce-technology.com

Menhan Prabowo Getol Pilih Rafale Untuk Perkuat Militer Indonesia, Ternyata Ini Kelebihan Jet Tempur Asal Perancis!

Sosok.ID - Tak hanya Indonesia, ternyata jet tempur pabrikan dari Perancis, yang diberi nama Rafale cukup jadi primadona di dunia militer internasional.

Bahkan baru-baru ini, kesepakatan juga telah ditempuh oleh Perancis dengan sejumlah negara mengenai penjualan jet tempur Rafale.

Dikutip dari Eurasian Times, Perancis baru menandatangani kontrak dengan Uni Emirat Arab terkait penjualan senjata mereka.

Padahal UEA yang di masa kepemimpinan Donald Trump sudah membicarakan pembelian jet tempur F-35 dari Lockheed Martin.

Baca Juga: Kacau Balau! Tubuh-tubuh Tak Bernyawa Ditemukan Seteah Serangan Udara di Myanmar

Namun ternyata UEA mengurungkan niatnya dan memilih borong jet tempur buatan Perancis, Dassault Rafale.

Kesepakatan UEA dengan AS terkait F-35 semakin berat dengan keduanya sama-sama ngotot, membuat UEA mundur dari kesepakatan militer mewah itu.

Padahal bila berhasil momen ini dianggap sebagai momen menggebrak dalam hubungan pertahanan antara UEA dan AS di bawah administrasi Trump.

Tetapi kini UEA akhirnya memutuskan menutup kesepakatan itu dan memilih Rafale F4 untuk sekarang dan secara efektif melepaskan semua ambisi mereka membeli jet tempur siluman AS.

Baca Juga: 4.200 Warga Myanmar Berhamburan Melarikan Diri ke Thailand akibat Pecah Perang antara Junta Militer dan Kelompok Pemberontak

Beberapa hari lalu UEA mengungkapkan ada 80 jet tempur Rafale yang dibeli dari Perancis bukanlah alternatif bagi F-35 yang kesepakatannya masih macet.

Diketahui Perancis telah lama mengincar penjualan dan kemitraan dengan negara-negara di wilayah Arab-Teluk, yang mana telah lama menjadi benteng pertahanan tradisional AS.

Source : intisari-online.com, Eurasian Times

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest