Follow Us

Wartawan Tewas Secara Mengerikan di Tahanan Militer Setelah Diculik Junta Myanmar

Rifka Amalia - Jumat, 17 Desember 2021 | 20:11
Ilustrasi Tewas
Tribunnews.com

Ilustrasi Tewas

Sosok.ID - Wartawan Myanmar dilaporkan tewas dalam tahanan militer.

Melansir Al Jazeera, dia adalah Koe Soe Naing dan seorang rekannya, yang ditahan di Yangon saat meliput 'pemogokan diam' hari Jumat (10/12) yang diserukan oleh para penentang kudeta.

Jurnalis foto lepas dari Myanmar itu meninggal dalam tahanan militer setelah ditangkap pekan lalu saat meliput protes, menurut rekan-rekannya dan seorang teman keluarganya.

Ko Soe Naing adalah jurnalis pertama yang diketahui tewas dalam tahanan sejak tentara merebut kekuasaan pada Februari, menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Baca Juga: Kena Imbasnya! AS Jatuhkan Sanksi Besar-besaran untuk China, Myanmar dan Korea Utara

Lebih dari 100 wartawan telah ditahan sejak itu, meskipun sekitar setengahnya telah dibebaskan.

Koe Soe Naing, seorang desainer grafis sekaligus jurnalis lepas, ditangkap pada hari Jumat ketika dia dan seorang rekannya berada di pusat kota Yangon mengambil foto selama “pemogokan diam” yang dilakukan oleh penentang kekuasaan militer.

Itu adalah protes nasional terbesar dalam beberapa bulan, dan jalan-jalan hampir kosong ketika orang-orang menjawab panggilan untuk tinggal di rumah dan bisnis tutup selama enam jam.

Ko Soe Naing bukanlah tahanan pertama yang meninggal dalam tahanan pemerintah.

Baca Juga: 'Mengerikan!', Sosok Min Aung Hlaing dari Myanmar Dituduh Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Tidak ada jumlah yang jelas, tetapi yang lainnya dilaporkan tewas saat dalam tahanan adalah aktivis politik dan anggota partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi.

Dalam beberapa kasus di mana mayat dapat dilihat, mereka memiliki tanda yang menunjukkan bahwa individu tersebut telah disiksa, menurut aktivis hak asasi manusia.

Source : Al Jazeera

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest