Follow Us

Didatangi Menlu AS, Indonesia Diberitahu Kenekatan Militer Tiongkok di Laut China Selatan Termasuk di Wilayah RI: Kesepakatan yang Dibuat Tidak Disetujui

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 15 Desember 2021 | 14:14
(ilustrasi) Didatangi Menlu AS, Indonesia Diberitahu Kenekatan Militer Tiongkok di Laut China Selatan Termasuk di Wilayah RI: Kesepakatan yang Dibuat Tidak Disetujui
Kolase SCMP/Kompas

(ilustrasi) Didatangi Menlu AS, Indonesia Diberitahu Kenekatan Militer Tiongkok di Laut China Selatan Termasuk di Wilayah RI: Kesepakatan yang Dibuat Tidak Disetujui

Sosok.ID - Sudah bukan rahasia lagi, memanasnya kawasan Laut China Selatan memang telah berlarut-larut cukup lama.

Bahkan beberapa kali perseteruan terjadi di kawasan yang menjadi perbatasan sejumlah negara di Asia Tenggara tersebut dengan China.

Tak sampai di situ saja, ketegangan antar beberapa negara di ASEAN dengan Tiongkok pun sempat tak terhindarkan.

Termasuk dengan Indonesia, provokasi yang hampir berujung dengan konfrontasi juga pernah dialami oleh Indonesia di perbatasan wilayahnya di Laut China Selatan.

Baca Juga: Kapok! AS dan UE Kongkalikong Ingin 'Pecundangi' China atas Klaim di Laut China Selatan, Laut China Timur, dan Selat Taiwan

Hal itu disebut-sebut lantaran kenekatan Tiongkok dalam mengambil sikap di kawasan yang cukup padat dengan perjalanan laut tersebut.

Baru-baru ini, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken yang datang ke Indonesia pun membuka sebuah fakta mengejutkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, China disebut Blinken telah nekat melakukan hal yang cukup membahayakan di kawasan Laut China Selatan.

Bahkan secara terang-terangan Tiongkok tak mengindahkan kesepakatan yang telah dibuat di kawasan tersebut.

Baca Juga: Tiongkok Senggol Indonesia Lagi, Xi Jinping Kirim Surat Ancam RI Gegara Ganti Nama Laut China Selatan Dengan Laut Natuna, Ancaman Perang?

Dalam pidatonya mengenai apa yang terjadi di kawasan Indo-Pasifik, Blinken pun membeberkan kebobrokan tindakan Tiongkok.

Source : Kompas.com, afp

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest