Follow Us

Indonesia Harus Waspada, Kini Tiongkok Makin Gencar Untuk Kuasai Laut China Selatan, Filipina Sampai Pakai Kekuatan Wanita?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 06 Juli 2021 | 15:13
(Ilustrasi) Indonesia Harus Waspada, Kini Tiongkok Makin Gencar Untuk Kuasai Laut China Selatan, Filipina Sampai Pakai Kekuatan Wanita?
China Military

(Ilustrasi) Indonesia Harus Waspada, Kini Tiongkok Makin Gencar Untuk Kuasai Laut China Selatan, Filipina Sampai Pakai Kekuatan Wanita?

Sosok.ID - Salah satu negara tetangga Indonesia beberapa bulan lalu jadi sorotan saat menentang perilaku Tiongkok di daerah perbatasan.

Tepatnya pada 7 Maret 2021 lalu, sekitar 220 kapal, yang diyakini dikemudikan oleh milisi China, terlihat berlabuh di Whitsun Reef.

Whitsun Reef adalah bagian dari Kepulauan Spratly, salah satu kepulauan di Laut China Selatan, yang diklaim China hampir secara keseluruhan.

Peristiwa seperti ini memang bukan insiden baru, China diketahui memang sering melakukan hal serupa pada wilayah-wilayah yang mereka anggap masuk teritorial mereka.

Baca Juga: Xi Jinping Janji Benturkan Kepala Musuhnya ke Tembok Baja, Australia Justru Menantang, Siapkan Konfrontasi Mematikan di Laut China Selatan

Filipina pun sampai harus menggunakan berbagai cara untuk wilayahnya tak direbut China termasuk pakai satu strategi yang unik.

Hal itu dilakukan demi menekan Tiongkok untuk tidak melakukan tindakan berlebihan mengingat lokasi tersebut masih masuk wilayah sengketa.

Melansir Express.co.uk, Selasa (6/7/2021), Penjaga Pantai Filipina (PCG) baru-baru ini membentuk 'The Angels of the Sea', sebuah tim yang terdiri dari 81 operator radio wanita.

Pihak berwenang percaya kapal-kapal dari China yang masuk tanpa izin di perairan Filipina kemungkinan besar akan mendengarkan suara-suara wanita yang mengekspresikan “otoritas istri atau ibu”.

Baca Juga: Isu Pandemi Mengalihkan Perhatian, Natuna Kini Memanas Lagi, TNI Sampai Buat Kesepakatan Dengan Negara Ini Untuk Hajar Kapal-kapal China

Beijing menganggap sebagian besar wilayah maritim Filipina di Laut China Selatan sebagai miliknya.

Wakil Laksamana Leopoldo Laroya mengklaim unit baru akan dapat mengusir kapal yang masuk tanpa meningkatkan konflik.

Source : Express.co.uk, intisari-online.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest