Follow Us

Putus Asa? Filipina Kerahkan 'Malaikat Laut' yang Isinya 81 Perempuan untuk Cegah Perang Laut China Selatan

Rifka Amalia - Selasa, 06 Juli 2021 | 17:00
(Ilustrasi) kapal China di Laut China Selatan.
Xinhua

(Ilustrasi) kapal China di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Penjaga Pantai Filipina baru-baru ini membentuk 'The Angels of the Sea' atau 'Malaikat Laut'.

Malaikat laut merupakan sebuah tim yang terdiri dari 81 operator radio wanita.

Dilansir dari express.co.uk, Selasa (6/7/2021) pihak berwenang percaya kapal-kapal dari China yang masuk tanpa izin di perairan Filipina kemungkinan besar akan mendengarkan suara-suara wanita yang mengungkapkan “otoritas istri atau ibu”.

Menjelaskan kebijakan aneh itu, Wakil Laksamana Leopoldo Laroya mengklaim unit baru akan dapat menolak kapal yang masuk tanpa meningkatkan konflik.

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada, Kini Tiongkok Makin Gencar Untuk Kuasai Laut China Selatan, Filipina Sampai Pakai Kekuatan Wanita?

“Kami menyadari pentingnya unik yang berkembang untuk memiliki operator radio wanita di atas kapal PCG dan unit berbasis pantai, terutama dalam berkomunikasi dengan kapal asing, agar tidak meningkatkan ketegangan," kata dia.

“Kami ingin Malaikat Laut kami menjadi suara kedamaian dan ketertiban berbasis aturan di laut, terutama di perbatasan maritim sensitif negara kami.”

Seorang petugas penjaga pantai yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Philippine Star bahwa suara para wanita itu dapat meredakan ketegangan konflik Luat China Selatan.

“Mendengar suara wanita di ujung lain jalur komunikasi dapat membantu meredakan ketegangan dengan kapal asing," katanya.

Baca Juga: Korban Tragedi Pesawat Militer Filipina Kebanyakan Tentara Muda, Jadi Kecelakaan Angkatan Udara Terburuk, 50 Tewas

“PCG percaya bahwa melatih personel penjaga pantai perempuan sebagai operator radio akan membantu menjaga perdamaian di perairan yang diperebutkan.”

Operator pantai Gretch Mary Acuario mengatakan kepada The Times bahwa dia menyiarkan peringatan kepada tujuh kapal China di dekat Sabina Shoal.

Source : Express.co.uk

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest