Follow Us

Bak Tantang Joe Biden, Xi Jinping Gelorakan Ancaman 'Perang Dingin Baru': Dunia Ini Terpecah dan Penuh Konfrontasi!

Rifka Amalia - Rabu, 27 Januari 2021 | 19:00
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Pemimpin Tiongkok Xi Jinping memperingatkan konsekuensi dari 'perang dingin baru' dalam pidato pertama sejak pelantikan Biden.

Melansir Business Insider, Xi Jinping berkhotbah tentang multilateralisme di Forum Ekonomi Dunia pada Senin (25/1/2021)

Xi memperingatkan tentang konsekuensi dari "Perang Dingin baru", dalam pesan terselubung kepada Presiden Amerika Serikat baru, Joe Biden.

"Kita tidak dapat mengatasi tantangan bersama di dunia yang terpecah dan konfrontasi akan membawa kita ke jalan buntu," kata Xi, seperti dikutip Sosok.ID, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Rombongan Kapal Perang AS Riwa-riwi di Laut China Selatan Saat Taiwan Diserang Angkatan Udara China, Joe Biden Sungut Emosi Xi Jinping!

Baca Juga: Pantas Biden Cepat-cepat Perpanjang Kesepakatan Pembatasan Senjata Nuklir dengan Rusia, Rupanya Rusia Pemegang Senjata Nuklir Paling Besar dan Mustahil untuk Dikalahkan

Xi Jinping menekankan pentingnya multilateralisme dan mendesak terhadap "isolasi arogan," dalam pidatonya kepada komunitas internasional di Forum Ekonomi Dunia tahunan.

"Kami telah ditunjukkan berkali-kali bahwa mengemis kepada sesamamu, melakukannya sendiri dan tergelincir ke dalam isolasi yang sombong akan selalu gagal."

"Mari kita semua bergandengan tangan dan membiarkan multilateralisme menerangi jalan kita menuju komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," Kata Xi.

Tanpa secara eksplisit menyebut AS, pemimpin China itu juga memperingatkan bahaya "Perang Dingin baru".

Baca Juga: 13 Jet Tempur dengan 8 Pembom H-6K Dikerahkan China Saat Kapal Induk AS Dibawah Perintah Joe Biden untuk Pertama Kali Sambangi Laut China Selatan, Ada Apa?

"Untuk membangun lingkaran kecil atau memulai Perang Dingin baru, untuk menolak, mengancam atau mengintimidasi orang lain,"

Source : Business Insider

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest