Follow Us

Sudah Bilang Ogah Perang, Iran Bersumpah Tak Ada Tempat Aman di Bumi bagi Pembunuh Qasem Soleimani: Pembalasan Ilahi Pasti Dilakukan

Rifka Amalia - Sabtu, 02 Januari 2021 | 19:15
Qasem Soleimani dan Donald Trump.
Kolase BBC dan New York Post via Suar.ID

Qasem Soleimani dan Donald Trump.

Sosok.ID - Iran telah mengatakan kepada kekuatan dunia bahwa mereka ingin menghindari konflik.

Tetapi unjuk kekuatan yang baru-baru ini dipamerkan oleh Amerika Serikat (AS), telah meningkatkan ketegangan, mengingat Iran akan memperingati setahun pembunuhan komandan tinggi mereka, Qassem Soleimani.

Untuk diketahui, Soleimani tewas pada 3 Januari 2020 dalam serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat di Bagdad, Irak.

Dikutip Sosok.ID dari AlJazeera, dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Kamis (31/12/2020), Iran mengutuk "petualangan militer" yang dilakukan militer AS di Teluk dan Laut Oman.

Baca Juga: Sesumbar Kekuatan Militernya Terkuat Nomor Wahid, Trump Ogah Perang, Gantinya Iran dikenai Sanksi Berikut!

Mereka juga mengecam "informasi palsu, tuduhan tak berdasar dan retorika yang mengancam" oleh Washington terhadap Teheran.

"Jika dibiarkan, tindakan penghasutan ini dapat meningkatkan ketegangan ke tingkat yang mengkhawatirkan dan jelas bahwa tanggung jawab penuh dari semua akibatnya akan berada di AS," kata surat itu.

Iran sudah mengatakan bahwa mereka tidak menginginkan konflik, tetapi berjanji untuk membela rakyatnya dan keamanan nasional.

Iran juga meminta Dewan Keamanan PBB untuk membuat AS menghentikan tindakan "ilegal" nya.

Baca Juga: Inilah Video Detik-Detik MQ-9 Reaper, Drone 'Buas' Milik AS Berondong Rudal Konvoi Militer Jenderal Iran, Qasem Soleimani!

Dalam sebulan terakhir, pembom strategis B-52 Amerika telah terbang di atas Teluk beberapa kali, yang terbaru datang pada hari Rabu lalu.

AS mengatakan tujuannya adalah untuk mencegah kemungkinan tanggapan Iran menjelang peringatan 3 Januari pembunuhan Soleimani.

Source : Aljazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest