Follow Us

Ketegangan yang Sempat Mereda, dalam Rangka Mengenang 40 Hari Kematian Qasem Soleimani, Iran Luncurkan Serangan Roket Katyusha Hantam Pangkalan Militer K1 AS di Irak

Rifka Amalia - Jumat, 14 Februari 2020 | 17:00
Picu Ketegangan yang Sempat Mereda, Dalam Rangka Mengenang 40 Hari Kematian Qasem Soleimani, Iran Luncurkan Serangan Roket Katyusha, Hantam Pangkalan Militer K1 AS di Irak.
www.stocksharksnews.com

Picu Ketegangan yang Sempat Mereda, Dalam Rangka Mengenang 40 Hari Kematian Qasem Soleimani, Iran Luncurkan Serangan Roket Katyusha, Hantam Pangkalan Militer K1 AS di Irak.

Sosok.ID - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran kembali bergelora.

Pasalnya, sebuah roket kembali hantam pangkalan militer AS di Irak.

Hal ini disebut-sebut sebagai bentuk Iran mengenang 40 hari kematian pimpinan jenderal tertingginya, Qasem Soleimani.

Serangan ini dilaporkan terjadi Kamis (13/2/2020) malam, di basis militer Irak K1 di Provinsi Kirkuk yang dipenuhi tentara AS.

Melansir AFP, menurut tiga sumber keamanan Irak, roket Katyusha menghantam area terbuka di pangkalan K1 sekitar pukul 20.45 malam waktu setempat (1745 GMT).

Baca Juga: Acara Pesta Ulang Tahunnya Tak Bisa Diselenggarakan karena Virus Corona, Pria 59 Tahun Ini Ngamuk Nekat Lakukan Aksi Bakar Diri

Baik pasukan AS dan pasukan polisi federal Irak ditempatkan di sana tetapi tidak ada korban, menurut sebuah pernyataan dari militer Irak.

Pasukan AS dilaporkan telah menemukan posisi penembakan rudal, dengan 11 roket masih di lokasi dan pelaku masih dalam pelarian.

Sebuah sumber keamanan Irak mengatakan kepada AFP bahwa landasan peluncuran ditemukan sekitar lima kilometer (tiga mil) dari pangkalan itu, di daerah multi-etnis.

40 hari kematian Qasem Soleimani

Diberitakan Al Jazeera, serangan tersebut kemungkinan untuk mengenang 40 hari kematian Qasem Soleimani.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest