Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Lebih Parah dari China, Vietnam dalam 4 Bulan Terjunkan 21 Kapal Ikan untuk Rongrong Natuna Utara, Nyolot Sejak Kapal Ilegal Tak Ditenggelamkan

Rifka Amalia - Senin, 02 November 2020 | 20:00
Kapal asing China memasuki Laut Natuna Utara
Bakamla

Kapal asing China memasuki Laut Natuna Utara

Sosok.ID - Dari 31 kapal berbendera asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Laut Natuna Utara sejak bulan Juni hingga Oktober, 21 di antaranya berasal dari Vietnam.

Temuan ini berasal dari kelompok aktivis Destructive Fishing Watch Indonesia, yang meminta Jakarta untuk mengambil tindakan terhadap perambahan 'agresif' ini.

Dikutip dari SCMP, Senin (2/11/2020), sebuah kelompok aktivis telah meminta untuk mengambil tindakan terhadap meningkatnya perambahan kapal nelayan Vietnam ke perairan teritorial Indonesia.

Hal ini menyoroti sifat kompleks sengketa maritim di wilayah yang melampaui klaim China atas sebagian besar Laut China Selatan tersebut.

Baca Juga: Ngajak Gelut? Sekonyong-konyong Klaim Perairan Natuna, Media Komunis Beijing Kini Tuding Indonesia Main Trik di Laut China Selatan

Ada 21 kapal Vietnam dari 31 kapal berbendera asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal di Laut Natuna Utara Indonesia dari Juni hingga Oktober, menurut Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia.

Dari 21 tersebut, tidak ada yang ditemukan berasal dari China.

Data pemerintah Indonesia menunjukkan, 23 kapal berbendera asing disita Kementerian Kelautan dan Perikanan pada periode yang sama tahun lalu, empat di antaranya adalah kapal Vietnam dan tidak ada yang dari China.

Koordinator nasional DFW Indonesia Moh Abdi Suhufan mengatakan pemerintah Indonesia harus meningkatkan pengawasan dan meluncurkan lebih banyak patroli militer di perairan tersebut.

Baca Juga: Tak Sudi Dikadali Tiongkok, Kemenlu Nyatakan Indonesia Tegas Tolak Klaim Nine Dash Line di Hadapan Wakil Dubes China

Kapal-kapal Vietnam itu agresif, katanya, dan akan mencoba melarikan diri atau menabrak kapal pemantau yang dioperasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Mungkin mereka melihat dalam beberapa bulan tidak ada pembakaran dan penenggelaman kapal (ilegal), sehingga mereka menganggap Indonesia mengurangi pengawasan dan (penangkalan) terhadap kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ilegal,” kata Abdi.

Apa yang disampaikan Abdi mengacu pada tindakan tegas yang dilakukan oleh Mantan Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti, yang keluar dari pemerintahan pada tahun 2019.

Di bawah arahan Susi, pihak berwenang menyita dan menghancurkan ratusan perahu untuk penangkapan ikan ilegal, meledakkan beberapa di antaranya sebagai peringatan.

Baca Juga: Buntut Coast Guard China Terobos Natuna Utara, Kemenlu Negeri Tirai Bambu Angkat Bicara

Jakarta dan Beijing bentrok karena perambahan oleh kapal penangkap ikan China di sekitar pulau Natuna pada Desember tahun lalu, yang membuat Indonesia mengajukan protes diplomatik dengan China.

Indonesia mengirimkan kapal angkatan laut dan jet tempur untuk berpatroli di wilayah tersebut, sementara Presiden Joko Widodo juga mengunjungi wilayah tersebut untuk menegaskan kendali Jakarta atas Natuna Utara.

Pada Januari lalu, tiga kapal militer Indonesia mengusir lebih dari 50 kapal Tiongkok dari daerah tersebut.

Kepulauan Natuna berbatasan dengan Laut Cina Selatan, di mana Cina dan empat negara Asia Tenggara - Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Filipina - memiliki klaim yang berselisih.

Baca Juga: Coast Guard China Kembali Berulah, Duduki Wilayah Natuna Utara dan Enggan Diperingatkan Bakamla, Hingga Buat TNI AL Serta Kemenlu Turun Tangan, Ini Videonya!

Beijing berpendapat bahwa Natuna adalah bagian dari "daerah penangkapan ikan tradisional" dan bahwa daerah tersebut berada dalam sembilan garis putus-putus yang dilaluinya mengklaim sekitar 90 persen dari jalur air yang disengketakan.

Indonesia pada bulan Januari menolak klaim China setelah perselisihan Natuna, menegaskan kedaulatan Jakarta atas zona ekonomi eksklusif (ZEE) berdasarkan pada Konvensi Hukum Laut (Unclos) PBB 1982 dan menunjukkan bahwa klaim Beijing di Laut China Selatan telah disangkal oleh pengadilan tahun 2016 di Den Haag menyusul kasus yang dibawa oleh Filipina.

Abdi dari DFW Indonesia mengatakan masyarakat Indonesia cenderung lebih memperhatikan ketika kapal-kapal yang melanggar batas membawa bendera Tiongkok, karena “masalah kedaulatan sangat sensitif bagi bangsa dan rakyat Indonesia”.

Baca Juga: Ngotot Pertahankan Klaimnya yang Jelas-jelas Ditentang Dunia, Kapal Coast Guard China Lagi-lagi Nyelonong Masuk ke Perairan Natuna, Mungkinkah Tiongkok Ingin Rebut 'Harta Karun' Ini?

Namun, ada juga sengketa maritim intra-Asean di Laut China Selatan, selain dengan China.

Misalnya, Jakarta dan Manila pada tahun 2014 menandatangani perjanjian untuk menyelesaikan perselisihan atas ZEE mereka yang tumpang tindih.

Sedangkan pada tahun 2009 Malaysia dan Vietnam membuat pengajuan bersama kepada Komisi Batas Landas Kontinen untuk mengklarifikasi posisi dan batasan hukum atas klaim mereka.

Yang juga perlu diperhatikan adalah putusan Mahkamah Internasional tahun 2008 yang menyelesaikan perselisihan selama puluhan tahun atas pulau-pulau kecil di Selat Singapura, dengan kedaulatan atas Pedra Branca ke Singapura dan Middle Rocks ke Malaysia.

Baca Juga: Kurang Ajar! Coast Guard China Masih Ongkang-ongkang di Laut Natuna, Diusir Bakamla RI Sejak Kemarin dan Belum Pergi Juga

Ben Bland, direktur Program Asia Tenggara di lembaga pemikir yang berbasis di Sydney, Lowy Institute, mengatakan: "Vietnam dan Indonesia saat ini terlibat dalam pembicaraan untuk menjelaskan ZEE mereka, dan kesimpulan yang berhasil dari negosiasi ini akan membantu mengurangi ketegangan."

Joko Susanto, direktur eksekutif Proyek Indonesia Berkembang, mengatakan minat Vietnam dalam penangkapan ikan di Laut Natuna Utara dimotivasi oleh ekonomi dan bukan oleh klaim "historisisme subjektif atau hak tradisional”.

“Hal ini mencegah Indonesia mengalami krisis kepercayaan yang serius (atas Vietnam),” kata Joko, yang juga mengajar strategi maritim dan geopolitik maritim di Universitas Airlangga di kota Surabaya, Indonesia.

Baca Juga: Rayuan Mautnya Tak Mempan Bujuk Indonesia, Tiongkok Kini Pindah Haluan Pepet Negara Tetangga Tawarkan Kerja Sama Perdamaian di Laut China Selatan

Dia mengatakan "Sikap non-kooperatif China dalam menanggapi Unclos dan keputusan pengadilan" telah menurunkan tingkat kepercayaan sebagian besar orang Indonesia terhadap niat baik Beijing dalam menghormati kedaulatan Indonesia atas Kepulauan Natuna.

Basilio Dias Araujo, asisten wakil menteri keamanan dan ketahanan maritim di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan kapal asing dapat masuk ke ZEE negara karena kawasan itu tidak dipantau dengan baik.

Ditambahkannya, selain illegal fishing, juga ada nuansa politis pada kehadiran mereka, “terutama Vietnam karena masih ada sengketa batas laut ZEE (dengan Indonesia), sedangkan dengan China, adalah upaya China untuk terus menguasai sumber daya di semua wilayah dunia ”.

Baca Juga: Lagaknya Tawarkan Proposal Kekuatan Gabungan di Laut China Selatan, Nyatanya China hanya Galagasi ke Indonesia, Bakal Selalu Bermuka Dua hingga Berhasil Kuasai Perairan Natuna

Abdi dari DFW Indonesia merekomendasikan agar Jakarta menyelesaikan sengketa dengan Vietnam melalui forum Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, sementara Basilio mengatakan Indonesia memiliki “cara sendiri” dalam menghadapi negara-negara yang nelayannya melakukan praktik penangkapan ikan ilegal.

“Indonesia (juga) melawan balik dengan membangun kerjasama (dengan negara-negara di pasar penangkapan ikan) untuk tidak menerima ikan yang berasal dari negara-negara yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal,” ujarnya kepada This Week In Asia. (*)

Source :South China Morning Post

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x