Follow Us

Geger Jenazah PDP Covid-19 Pakai Popok Tanpa Kain Kafan, Pihak RS: Sudah Sesuai Panduan!

Rifka Amalia - Kamis, 18 Juni 2020 | 20:00
Jenazah PDP Covid-19 asal Kebraon, Karangpilang, Surabaya yang hanya memakai popok tanpa kain kafan viral di media sosial. Pihak RS Wiyung Sejahtera memberi klarifikasi, Senin (15/6/2020).
Surya.co.id

Jenazah PDP Covid-19 asal Kebraon, Karangpilang, Surabaya yang hanya memakai popok tanpa kain kafan viral di media sosial. Pihak RS Wiyung Sejahtera memberi klarifikasi, Senin (15/6/2020).

Sosok.ID - Pemulasaran jenazah pasien Covid-19, tidak bisa sembarangan.

Sebab covid-19 merupakan penyakit menular yang jika salah penanganan justru dapat menyebabkan klaster baru infeksi virus corona.

Oleh karenanya pasien positif maupun PDP covid-19 yang meninggal dunia hanya boleh ditangani petugas medis menggunakan APD lengkap.

Jenazah pun tidak serta merta dikuburkan, namun perlu dibungkus plastik untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga: Naik Pelaminan dengan Tubuh Dipapah, Kakek 103 Tahun Ini Sumringah saat Nikahi Gadis Impiannya yang Berusia 73 Tahun Lebih Muda, Begini Jawabannya saat Ditanya Soal Malam Pertama

Baru-baru ini jagat media digegerkan dengan tersebarnya foto yang menunjukkan jenazah PDP corona hanya dibalut dengan popok tanpa kain kafan.

Melansir Surya.co.id, foto tersebut viral di sosial media, dengan identitas jenazah berinisial T (72), warga Kebraon, Karangpilang, Surabaya.

Dikabarkan jenazah meninggal dunia pada Minggu (7/6/2020) di RS Wiyung Sejahtera.

Keluarga menduga jenazah diperlakukan dengan tidak layak usai melihat hanya dibalut popok tanpa kain kafan.

Baca Juga: Umumnya Hancur, Tapi Kenapa Kulit Wajah Novel Baswedan Tetap Mulus dan Tampan Meski Disiram Air Keras? IPW Minta Bukti dan Sebut Kasus Ini Terlalu Didramatisasi

"Ya benar sesuai kabar yang beredar, jenazah hanya dibalut popok," kata Ketua RW Kebraon, Supriyo, saat dikonfirmasi Senin (15/6).

Kronologi bermula saar keluarga meminta agar jenazah dapat dimakamkan di kampung halamannya.

Source : Surya.co.id

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest