Follow Us

Takut Dilibas, India Merinding China Bangun Jembatan Lintasi Perbatasan

Rifka Amalia - Minggu, 30 Januari 2022 | 20:22
Presiden China Xi Jinping pernah sesumbar China sudah keluar dari kemiskinan, varian Delta segera beberkan masih banyak wilayah miskin di China
Xinhua

Presiden China Xi Jinping pernah sesumbar China sudah keluar dari kemiskinan, varian Delta segera beberkan masih banyak wilayah miskin di China

Sosok.ID - Negara China saat ini sedang membangun jembatan melintasi Danau Pangong di wilayah perbatasan Ladakh di Kashmir yang dikelola India, meningkatkan kekhawatiran keamanan baru di India.

Jembatan sepanjang 400 meter dan lebar 8 meter yang sedang dibangun di dekat Line of Actual Control (LAC), perbatasan de facto antara dua kekuatan nuklir, terlihat melalui citra satelit resolusi tinggi, kata laporan media India pekan lalu.

Dilansir dari Al Jazeera, Kementerian luar negeri India mengatakan jembatan itu sedang dibangun di daerah yang telah "di bawah pendudukan ilegal oleh China selama sekitar 60 tahun sekarang", menambahkan bahwa pemerintah India sedang "memantau" kegiatan konstruksi "dengan cermat".

Baca Juga: India Kelimpungan Sebut Warganya Diculik, China Pulangkan Remaja yang Hilang di Perbatasan ke New Delhi

"Pemerintah telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa kepentingan keamanan kami sepenuhnya dilindungi," kata juru bicara kementerian Arindam Bagchi kepada wartawan awal bulan ini.

India dan China terkunci dalam kebuntuan militer di sepanjang LAC di wilayah Ladakh sejak April 2020, ketika kedua belah pihak saling menuduh melakukan pelanggaran.

Kebuntuan itu berubah menjadi mematikan pada bulan Juni 2020 ketika 20 tentara India dan empat tentara China tewas di Lembah Galwan Ladakh dalam pertempuran tangan kosong yang langka menggunakan tongkat dan batu.

Insiden itu diikuti oleh mobilisasi pasukan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kedua sisi perbatasan dan kedua tentara mengadakan beberapa putaran pembicaraan untuk menyelesaikan kebuntuan.

Baca Juga: Sosok Biksu Hindu Ini Didakwa karena Serukan Pembasmian Umat Muslim India dengan Genosida.

Sementara itu, ketegangan juga menyebabkan lonjakan pembangunan infrastruktur militer di kedua sisi perbatasan yang disengketakan.

Menurut laporan media India, lebih dari 100 proyek diselesaikan oleh Organisasi Jalan Perbatasan India pada tahun 2021, yang sebagian besar lebih dekat ke perbatasan dengan China.

Pakar keamanan mengatakan pembangunan jembatan oleh China adalah masalah "keprihatinan besar" bagi India.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest