Follow Us

China Makin 'Gila', AS Percepat Upaya Pengiriman Jet Tempur F-16 Baru ke Taiwan

Rifka Amalia - Minggu, 23 Januari 2022 | 19:31
Ilustrasi pesawat F-16
Lockheed Martin

Ilustrasi pesawat F-16

Sosok.ID - Amerika Serikat sedang mencari cara untuk mempercepat pengiriman jet tempur F-16 generasi baru Taiwan, kata para pejabat AS.

Militer AS sedang berusaha memperkuat kemampuan angkatan udara Taiwan untuk menanggapi apa yang dilihat Washington dan Taipei sebagai peningkatan intimidasi oleh militer China.

Para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa mereka belum menemukan solusi tentang cara mempercepat pengiriman F-16 Block 70, yang diproduksi oleh Lockheed Martin dan dilengkapi dengan kemampuan baru.

Pesawat saat ini dijadwalkan akan dikirim pada akhir 2026.

Baca Juga: Dunianya Langsung Runtuh, Rela Donorkan Ginjalnya untuk Selamatkan Nyawa Ibu Pacarnya, Sosok Pria Ini Dicampakkan Tak Lama Usai Operasi

Dilansir dari Al Jazeera, Seorang pejabat senior Taiwan menyebut bahwa pemerintah secara pribadi telah menyatakan keinginannya kepada Presiden AS Joe Biden untuk pengiriman armada yang lebih cepat.

Saat ini angkatan udara pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu mengerahkan jet untuk mencegat penerbangan militer China yang semakin agresif.

Lebih banyak misi berarti lebih banyak kerusakan pada pesawat Taiwan.

“Ini semua tentang penilaian risiko … dan jelas di mana risikonya,” kata pejabat Taiwan, merujuk pada ketegangan di Selat Taiwan yang sensitif yang memisahkan pulau itu dari daratan China.

Baca Juga: Bak Amit-amit Ogah Ketemu, Nyatanya Faisal Siapkan Skenario untuk Doddy Sudrajat Jika Hak Wali Gala Sky Jatuh di Tangannya: Ini Aib Belum Pasti!

F-16 dianggap sebagai pesawat yang sangat bermanuver yang terbukti dalam pertempuran udara-ke-udara dan serangan udara-ke-permukaan.

Taiwan berada di jalur untuk menurunkan salah satu armada F-16 terbesar di Asia setelah menerima pengiriman 66 F-16 baru.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest