Follow Us

India Kelimpungan Sebut Warganya Diculik, China Pulangkan Remaja yang Hilang di Perbatasan ke New Delhi

Rifka Amalia - Kamis, 27 Januari 2022 | 18:13
Militer China dan Tentara India
DNA India

Militer China dan Tentara India

Sosok.ID - China mengembalikan remaja India yang hilang di perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Seorang warga negara India “secara ilegal” masuk ke wilayah China di perbatasan yang disengketakan antara China dan India.

Menteri India mengatakan sosok tersebut, Miram Tarom telah diserahkan kepada tentara India di sebuah pos perbatasan di timur laut negara bagian Arunachal Pradesh.

Dikutip dari Al Jazeera, pengumuman pada Kamis (27/1/2022) dari China datang setelah kementerian pertahanan India mengatakan pekan lalu telah menghubungi China untuk meminta agar menemukan dan mengembalikan seorang warga India.

Baca Juga: Tiongkok Makin Garuk Kepala, Niat Kuasai Laut China Selatan Makin Menipis, ASEAN Utang Budi Dengan Keberanian Indonesia? Ini Buktinya!

Warga itu berusia 17 tahun, bernama Miram Tarom.

Miram Tarom "dilaporkan ditangkap" oleh militer China setelah hilang di dekat perbatasan bersama kedua negara.

Sementara itu, Kiren Rijiju, seorang menteri federal India, mengatakan Tarom telah diserahkan kepada tentara India di sebuah pos perbatasan di negara bagian Arunachal Pradesh di timur laut.

Pengumuman China tidak mengkonfirmasi bahwa warga negara India yang kembali adalah Tarom, tetapi mereka menambahkan peringatan ke New Delhi.

Baca Juga: Laut China Selatan Makin Panas, Tiongkok Hampir Bombardir Militer AS dan Jepang Dengan 24 Jet Tempur, Ini Kronologinya!

“Kami mendesak pihak India untuk secara ketat menerapkan perjanjian bilateral, memperkuat manajemen dan kontrol personel, dan dengan sungguh-sungguh menjaga ketertiban normal di daerah perbatasan.”

Kolonel Long Shaohua, juru bicara Komando Teater Barat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), mengatakan warga India itu ditemukan dalam beberapa hari terakhir oleh penjaga perbatasan China selama patroli.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest