Follow Us

'Banyak yang Mati Tak Punya Uang Tapi Anggaran Militer Selalu Kurang', Pengeluaran AS Jebol, Banjir Protes karena Terlalu Fokus pada China

Rifka Amalia - Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:06
Foto hanya ilustrasi - militer AS
Sgt. Roderick Jacquote/Marine Corps

Foto hanya ilustrasi - militer AS

Sosok.ID - Legislator progresif mempertanyakan anggaran pertahanan Amerika Serikat yang besar, yang menurut para pejabat diperlukan di tengah persaingan China.

Beberapa bulan setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden menarik pasukan Amerika terakhir dari Afghanistan sebagai bagian dari janjinya untuk mengakhiri “perang selamanya” di negara itu, Kongres Amerika Serikat menyetujui anggaran pertahanan $777,7 miliar, meningkat lima persen dari tahun sebelumnya.

Senat meloloskan undang-undang anggaran pada hari Rabu (15/12/201) dengan suara 89-10, mengikuti Dewan Perwakilan Rakyat AS, yang menyetujui undang-undang tersebut minggu lalu.

Baca Juga: Semakin Kuat, China Tambah Anggaran Militer Demi Sambut Perang Lawan Taiwan

Sementara langkah itu disambut oleh anggota terkemuka partai Demokrat dan Republik sebagai pencapaian bipartisan, legislator progresif dan kelompok advokasi mempertanyakan label harga anggaran yang sangat besar – dan mengkritik pembuat kebijakan yang membenarkannya dengan menunjuk pada persaingan yang semakin intensif dengan China.

“Selama 20 tahun terakhir, kami mendengar bahwa ancaman teroris membenarkan anggaran yang terus meningkat untuk Pentagon,” kata Stephen Miles, direktur eksekutif Win Without War, sebuah kelompok yang berbasis di Washington, dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (18/12/2021).

“Ketika perang di Afghanistan telah berakhir dan perhatian telah beralih ke China, kami sekarang mendengar bahwa ancaman itu membenarkannya,” kata Miles kepada Al Jazeera.

Baca Juga: Anggaran Militer Kadung Disunat Prabowo, Langkah Picik Tiongkok atas Laut China Selatan Ancam Posisi Indonesia di Natuna Utara

Memprioritaskan China

Beberapa legislator AS mengutip melawan China sebagai prioritas utama dalam anggaran pertahanan, yang secara resmi dikenal sebagai Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA).

Anggota Kongres Elaine Luria, seorang Demokrat konservatif, mengatakan di Twitter pada 7 Desember bahwa undang-undang tersebut “membuat investasi penting dalam pertahanan nasional kita, dan mengambil langkah-langkah penting untuk melawan ancaman kebangkitan China”.

Dalam beberapa kasus, dorongan untuk fokus pada China mengambil nada yang lebih mengkhawatirkan.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest