Follow Us

Helikopternya Jatuh, Sosok Kondang Jenderal Pertahanan India Tewas Bersama 13 Lainnya, Nasib Militernya Dipertanyakan

Rifka Amalia - Sabtu, 11 Desember 2021 | 19:28
Ilustrasi militer India.
Gadgets Now

Ilustrasi militer India.

Sosok.ID - Helikopter militer jatuh di negara bagian Tamil Nadu, menewaskan sedikitnya 13 orang termasuk kepala pertahanan Jenderal Bipin Rawat.

Kepala Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat, istrinya, dan 11 orang lainnya tewas setelah sebuah helikopter militer yang mereka tumpangi jatuh di negara bagian selatan Tamil Nadu, kata Angkatan Udara India (IAF).

Melansir dari Al Jazeera, Sabtu (11/12/2021), IAF mengatakan dalam sebuah posting Twitter "kecelakaan tragis" itu terjadi di dekat kota Coonoor pada siang hari (06:30 GMT) pada hari Rabu.

Helikopter Mi-17V5 buatan Rusia itu sedang dalam perjalanan dari pangkalan angkatan udara ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan ketika jatuh.

Baca Juga: Gegerkan India, Seorang Pria Sembunyikan Mayat Kekasihnya di Mall Usai Dicekik hingga Tewas

Alasan kecelakaan itu tidak segera diketahui dan pihak berwenang mengatakan mereka telah membuka penyelidikan.

Angkatan udara mengatakan seorang perwira, Kapten Grup Varun Singh, selamat, dan dirawat di rumah sakit militer.

Dilaporkan dari New Delhi, dikutip dari Al Jazeera, disebutkan bahwa perjalanan ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan “tidak seharusnya menjadi perjalanan yang sangat panjang tetapi ini adalah wilayah yang sangat pegunungan, dengan banyak hutan”.

Video yang disiarkan di saluran berita India menunjukkan helikopter terbakar di daerah hutan lebat dekat kampus ketika penduduk setempat mencoba memadamkan api dan mengeluarkan mayat dari reruntuhan.

Baca Juga: Tegang, Tentara China Umpak-umpakan di Perbatasan India, Dua Negara Makin Matang Hadapi Gesekan

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa Rawat adalah “prajurit yang luar biasa” dan “patriot sejati” yang berkontribusi besar dalam memodernisasi angkatan bersenjata dan aparat keamanan negara.

“Wawasan dan perspektifnya tentang hal-hal strategis sangat luar biasa. Kepergiannya membuat saya sangat sedih,” kata Modi.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest