Follow Us

Muak Konflik dengan Taiwan Ditunggangi Banyak Negara, Presiden China Peringatkan Soal Perang Besar di Kawasan Laut China Selatan, Indonesia Bagaimana?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 11 November 2021 | 19:59
(ilustrasi) Muak Konflik dengan Taiwan Ditunggangi Banyak Negara, Presiden China Peringatkan Soal Perang Besar di Kawasan Laut China Selatan, Indonesia Bagaimana?
Kolase SCMP/Kompas

(ilustrasi) Muak Konflik dengan Taiwan Ditunggangi Banyak Negara, Presiden China Peringatkan Soal Perang Besar di Kawasan Laut China Selatan, Indonesia Bagaimana?

Sosok.ID - Kawasan Asia-Pasifik baru-baru ini memang tengah dalam keadaan cukup memanas.

Tensi tinggi di kawasan yang cukup padat dilewati oleh banyak kapal tersebut ditambah tegang dengan konflik antaran China dan Taiwan.

Belum lama ini Presiden China pun mengungkapkan kemungkinan terburuk yang bakal terjadi dalam waktu dekat ini.

Hal itu tak lain setelah Xi Jinping melihat kondisi yang ada di kawasan Asia-Pasifik yang cukup rumit.

Baca Juga: Makanya China dan Negara-negara Barat Getol Dekati Sampai Ingin Rebut Laut Natuna, Ternyata Ini Harta Karun yang Tersimpan di Dalam Lautan Tersebut!

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh orang nomor satu di Tiongkok tersebut pada Kamis (11/11/2021).

Xi Jinping pun memperingatkan atas potensi perang dingin di kawasan padat tersebut lantaran banyak kepentingan yang ada di sana.

Salah satunya yang menjadi sorotan Presiden China tersebut tak lain adalah ikut campurnya negara-negara Barat di kawasan tersebut.

Di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat atas Taiwan, Xi mengatakan semua negara di Asia-Pasifik harus bekerja sama dalam menghadapi tantangan bersama.

Baca Juga: Kecelakaan di Bawah Laut di Laut China Selatan, Nasib Komandan Kapal Selam AS Memprihatinkan

"Upaya untuk menarik garis ideologis atau membentuk lingkaran kecil dengan alasan geo-politik pasti akan gagal," katanya dalam konferensi bisnis virtual di sela-sela KTT APEC (Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik).

Source : Kompas.com, afp

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest