Follow Us

Ambisi Kuasai Dunia, 300.000 Posisi Tentara Dialokasikan untuk Peran Garis Depan Militer China

Rifka Amalia - Jumat, 03 Desember 2021 | 19:50
Militer China
Xinhua

Militer China

Sosok.ID - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) berputar untuk menghadapi tantangan yang berubah, di mana lebih banyak personel tempur dikerahkan.

China telah memperluas pasukan tempurnya untuk beradaptasi dengan perubahan risiko – meskipun ada dorongan selama bertahun-tahun untuk merampingkan Tentara Pembebasan Rakyat, menurut publikasi Partai Komunis.

Dikutip dari South China Morning Post, Rabu (3/12/2021), dalam sebuah buku komentar yang diterbitkan pada pertengahan November oleh People's Publishing House, komentator militer Zhong Xin mengatakan PLA telah "mengoptimalkan" struktur personelnya dengan mengerahkan lebih banyak pasukan untuk memerangi peran, dan memangkas 300.000 posisi.

Buku ini berfokus pada reformasi Presiden Xi Jinping selama dekade terakhir dan di dalamnya Zhong mengatakan militer sekarang memiliki sekitar 2 juta personel, turun dari puncaknya lebih dari 6 juta di tengah perang Korea pada 1950-an.

Baca Juga: PLA China Libatkan Senjata Paling Kuat dalam Upaya Pecundangi India

Ketika Xi, yang juga mengepalai Komisi Militer Pusat, memperkenalkan rencana modernisasi militer pada 2015, jumlah itu telah menurun menjadi 2,3 juta sebagai hasil dari serangkaian perombakan.

Tetapi lebih banyak pekerjaan masih perlu dilakukan atau ambisi PLA tidak akan terwujud, menurut Zhong.

“Sistem komando militer tidak sistematis, struktur tentara tidak cukup baik, dan sistem kebijakan tertinggal, sangat membatasi operasi pertahanan PLA,” tulis Zhong.

“Jika masalah ini tidak diselesaikan, rencana untuk membangun militer modern kelas dunia hanyalah omong kosong.”

Baca Juga: PLA Genjot Pasukannya di Dataran Tinggi Barat, Naik Pitam India Latihan Militer Targetkan China

Zhong tidak mengungkapkan jumlah personel tempur tetapi sumber militer China mengatakan sumber daya untuk 300.000 tentara telah dialokasikan untuk peran garis depan guna mendorong para profesional muda untuk bergabung dengan PLA.

Sumber itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan sebagian besar dari 300.000 posisi yang diturunkan berasal dari unit non-tempur, termasuk departemen politik umum, logistik umum dan persenjataan umum yang sekarang sudah tidak berfungsi, lima kelompok tentara, serta staf di rumah veteran.

Source : south china morning post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest