Follow Us

Tegang, Tentara China Umpak-umpakan di Perbatasan India, Dua Negara Makin Matang Hadapi Gesekan

Rifka Amalia - Minggu, 28 November 2021 | 16:35
Militer China ingin dominasi dunia di tahun 2049.
China Military

Militer China ingin dominasi dunia di tahun 2049.

Sosok.ID - India mengungkapkan keprihatinan kepada China atas penumpukan militer di seberang Ladakh Timur.

Diketahui, India dan China memang memiliki konflik di perbatasan Ladakh.

Semakin hari, China semakin banyak mengirimkan tentaranya.

Oleh karenanya India menyatakan keprihatinan atas penumpukan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di seberang sektor Ladakh Timur.

Baca Juga: 'Tidak Boleh!' Xi Jinping Singgung Perang Dingin di Kawasan Asia-Pasifik dalam Pertemuan APEC Jelang Tatap Muka dengan Joe Biden

Tak cuma itu, China berinvestasi besar-besaran dalam meningkatkan infrastruktur militer di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC).

Dilansir dari Mint, Minggu (28/11/2021), dalam pembicaraan yang diadakan baru-baru ini antara kedua negara, pihak India menyatakan keprihatinan atas penumpukan oleh Angkatan Darat China di daerah dekat sektor Ladakh Timur, sumber mengatakannya kepada ANI.

Sumber penting yang tak dikupas identitasnya mengatakan, ada alasan untuk mengkhawatirkan pihak India karena China sedang membangun jalan raya baru dan jalan penghubung, membangun habitat dan pemukiman baru di dekat Garis Kontrol Aktual dan telah mengerahkan persenjataan berat termasuk resimen rudal di pihak mereka.

Baca Juga: PLA China Libatkan Senjata Paling Kuat dalam Upaya Pecundangi India

Sumber mengatakan peningkatan infrastruktur militer sangat signifikan karena mereka memperluas jalan raya dan landasan udara baru sedang dibangun selain dari pangkalan utama di Kashgar, Gar Gunsa dan Hotan.

Jalan raya lebar utama juga sedang dikembangkan yang selanjutnya akan meningkatkan konektivitas posisi militer China di LAC dengan pedalaman, kata mereka.

Lebih lanjut, kata sumber, China juga fokus pada pembangunan infrastruktur untuk angkatan udara dan tentara untuk menjaga mereka tetap tersembunyi dari satelit Amerika dan lainnya juga di daerah yang dalam.

Source : livemint.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest