Follow Us

Musuh Siap-siap, China Makin Gahar, PLA untuk Kali Pertama Genjot Kapal Feri Kelas Puluh Ribuan Ton dalam Latihan Pendaratan Lintas Laut

Rifka Amalia - Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:39
Militer China.
intisari online

Militer China.

Sosok.ID - Sebuah unit amfibi Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru-baru ini melakukan serangkaian latihan pendaratan lintas laut.

Dalam latihan itu, prajurit PLA untuk pertama kalinya menggunakan kapal feri sipil kelas 10.000 ton.

Dikutip dari Global Times, hal ini berbeda dari pada sebelumnya, di mana PLA menggunakan kapal sipil kelas ribuan ton.

Analis mengatakan pada hari Kamis (19/8/2021) bahwa itu bisa memberikan tambahan yang baik untuk mengangkut pasukan dalam skala besar dalam misi pendaratan amfibi.

Baca Juga: China Makin Nekat? Pemerintahan Taliban di Afghanistan Belum Diakui Dunia Internasional, Tiongkok Blak-blakan Beri Dukungan, Cari Aliansi Perang?

China Central Television (CCTV) melaporkan pada Rabu (18/8), 1 unit kendaraan lapis baja dari brigade senjata gabungan amfibi yang berafiliasi dengan Tentara Grup ke-73 PLA, baru-baru ini menggunakan pelabuhan sipil dan kapal feri sipil dalam latihan transportasi pasukan lintas laut jarak jauh.

Adalah umum bahwa PLA menggunakan kapal feri sipil untuk latihan serupa.

Tapi kali ini, kapal yang digunakan adalah kapal besar dengan bobot lebih dari 10.000 ton, bukannya yang lebih kecil, kelas ribuan ton, kata Sersan Staf peserta latihan Wang Hua.

Lebih dari selusin jenis kendaraan, termasuk howitzer self-propelled, kendaraan lapis baja amfibi dan truk militer dimuat ke kapal feri Bohai Pearl.

Baca Juga: Bersumpah Hancurkan AS Jika 30 Ribu Tentara Terbukti Duduki Taiwan, China: Perang Habis-habisan akan Pecah, Kalian akan Lenyap!

CCTV mencatat bahwa latihan itu juga mensimulasikan serangan darat dan udara yang bermusuhan serta pengintaian satelit dan drone musuh selama proses pemuatan.

Dimiliki oleh Bohai Ferry Group, kapal feri Bohai Pearl memiliki bobot perpindahan 24.000 ton, dengan panjang 164 meter dan lebar 25 meter, dan dapat membawa lebih dari 300 kendaraan di tiga dek kendaraan, menurut situs web perusahaan.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest