Follow Us

Bahaya, Terdeteksi Menguntit di Bawah Laut, Kapal Perang Inggris Jadi Target Kapal Selam Nuklir China di Laut China Selatan

Rifka Amalia - Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:33
Ilustrasi Kapal Selam.
USNI News

Ilustrasi Kapal Selam.

Sosok.ID - Kapal selam bertenaga nuklir China mungkin telah menggunakan kelompok kapal induk Inggris untuk latihan sasaran sebelum dengan sengaja mengungkapkan diri mereka ke kapal perang Inggris, kata surat kabar Partai Komunis China, Senin (9/8/2021).

Laporan oleh tabloid milik negara Global Times mengutip para ahli yang tidak disebutkan namanya sebagai tanggapan langsung terhadap laporan dari London yang mengklaim bahwa kapal selam China telah terdeteksi "menguntit" Queen Elizabeth Carrier Strike Group (CSG) selama penyebarannya ke Asia.

The Daily Express melaporkan pada hari Senin bahwa operator sonar di atas HMS Kent dan HMS Richmond, dua fregat yang merupakan bagian dari armada pengawal HMS Queen Elizabeth, mendeteksi sepasang kapal selam PLA Navy Type 093 yang membayangi kelompok kapal induk dari Laut Cina Selatan ke Pasifik Barat.

Baca Juga: Dikepung Negara-negara Dengan Kapal Induk di Laut China Selatan, Tiongkok Tak Gentar, Ternyata Rudal Ini Jadi Kunci Hancurkan Musuh!

Setelah transit di Selat Luzon, Tipe 093 ketiga di-ping oleh pengawal kapal selam kelas Astute, lapor Express, yang mengatakan kapal perang China terdeteksi oleh suara baling-baling unik mereka.

Dalam jawaban cepat hanya beberapa jam kemudian, Global Times, yang mendukung beberapa pandangan Beijing yang lebih hawkish, berusaha untuk mengabaikan anggapan bahwa aset angkatan laut China telah tertangkap basah selama misi mereka untuk membayangi kelompok penyerang kapal induk Inggris.

"Sebagai langkah pertahanan yang diperlukan, ada kemungkinan PLA menggunakan kelompok penyerang kapal induk HMS Queen Elizabeth sebagai target imajiner untuk latihan," kata seorang ahli yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga: Korut Mendidih, Alasan Inggris Kirim 2 Kapal Perang Permanen ke Asia Disebut Provokasi, Korea Utara Dituduh Kongkalikong dengan China

“Mungkin juga kapal selam China sengaja mengungkapkan diri mereka setelah menyelesaikan misi mereka, mengirimkan peringatan ke grup kapal induk Inggris,” lanjut laporan itu.

Ratu Elizabeth CSG dari Angkatan Laut Kerajaan, yang dalam pelayaran perdananya ke Indo-Pasifik, sedang melakukan kunjungan pelabuhan di Guam sementara beberapa pengawalnya berlabuh di pangkalan angkatan laut di Jepang.

Menggemakan sentimen yang diungkapkan oleh pemerintah China, Global Times mengatakan Inggris mengirim kapal perangnya ke Asia untuk "melenturkan otot" dan "membangkitkan masalah."

Baca Juga: Sulut Ketegangan, Keputusan Inggris Tempatkan 2 Kapal Perang di Asia Secara Permanen Dikritik Korea Utara

Source : Newsweek

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest