Pulau Kalimantan Diminta China? Ternyata Tiongkok Juga Pernah Diisukan Minta 3 Bank BUMN Untuk Jadi Jaminan Utang, Ada Apa?

Pulau Kalimantan Diminta China? Ternyata Tiongkok Juga Pernah Diisukan Minta 3 Bank BUMN Untuk Jadi Jaminan Utang, Ada Apa? Biro pers setpres
Pulau Kalimantan Diminta China? Ternyata Tiongkok Juga Pernah Diisukan Minta 3 Bank BUMN Untuk Jadi Jaminan Utang, Ada Apa?

Sosok.ID - Sebuah berita mengejutkan saat China disebut-sebut minta Pulau Kalimantan untuk jadi jaminan utang Indonesia pada Tiongkok.

Tak sampai di situ saja, bahkan China disebut akan kuasai wilayah Indonesia setelah itu Presiden Jokowi dikatakan akan mundur dari jabatannya.

Tetapi, setelah ditelusuri kabar itu ternyata hanyalah hoax semata, dan tak ada bukti valid yang mendukung teori tersebut.

Meski kabar itu sudah terlanjur tersebar, bahkan tak hanya kabar hoaks soal Pulau Kalimantan yang jadi jaminan utang pada China.

Baca Juga: Kejadian Hiroshima dan Nagasaki Bakal Terulang Lagi? China Siapkan Bom Nuklir Untuk Lenyapkan Jepang dari Peta: Kami Akan Gunakan Bom Nuklir

Sebelumnya juga ada kabar yang hampir serupa soal jaminan utang kepada China yang meminta jaminan 3 bank dibawah BUMN.

Ketiganya bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI, sempat dirumorkan jadi jaminan utang ke China.

Rumor itu muncul pada tahun 2015 silam, ketika pemerintah Indonesia berutang 30 miliar dollar AS atau Rp40 triliun ke China.

Pinjaman itu disaksikan oleh Menteri BUMN yang saat itu menjabat Rini Soemarno, 16 September 2015.

Baca Juga: Perang Dunia 3 Telah Dimulai? Kepala Intelijen Ini Ungkap Pergerakan Mata-mata Rusia dan China yang Disebut Bak Teroris: Menebar perselisihan dan Menyerang...

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR

China disebut minta pulau Kalimantan sebagai jaminan utang Indonesia pada mereka