Follow Us

Jet Tempur Uzur Milik China Terbang di Wilayah Taiwan, Tiongkok Disebut-sebut Jajal Kekuatan Pertahanan Udara Taipei, Serangan Militer Diduga Makin Dekat?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 12 Juli 2021 | 19:11
(Ilustrasi) Jet Tempur Uzur Milik China Terbang di Wilayah Taiwan, Tiongkok Disebut-sebut Jajal Kekuatan Pertahanan Udara Taipei, Serangan Militer Diduga Makin Dekat?
PLA via Taiwan News

(Ilustrasi) Jet Tempur Uzur Milik China Terbang di Wilayah Taiwan, Tiongkok Disebut-sebut Jajal Kekuatan Pertahanan Udara Taipei, Serangan Militer Diduga Makin Dekat?

Sosok.ID - Konflik Taiwan vs China kembali mencuat beberapa waktu ini saat Tiongkok terang-terangan mengirim jet tempurnya ke wilayah Taipei bulan lalu.

Yang mengejutkan terdapat jet tempur tua Chengdu J-7 yang ikut diterbangkan oleh China dalam operasi tersebut.

Diketahui pada 17 Juni, bersama sejumlah pesawat lain, empat unit J-7 diterbangkan dan dilaporkan mendekati wilayah Taiwan.

Didapatinya Jet J-7 dalam operasi tersebut membuat negara-negara lain penasaran, mengapa jet tempur generasi kedua itu dikerahkan bersama dengan pesawat lain yang lebih modern.

Baca Juga: Mimpi Buruk Nelayan Filipina Setelah Milisi Beijing Tabrak Kapal di ZEE Laut China Selatan, Sosok Randy Megu: Saya Sangat Takut..

J-7 merupakan jet tempur generasi kedua China yang awalnya dimodelkan pada MiG-21 buatan Uni Soviet pada dekade 1960-an.

Melansir Asia One, Minggu (11/7/2021), beberapa sumber menduga jet tempur uzur tersebut dilibatkan karena sudah diubah menjadi drone target.

Jika memang demikian, upaya tersebut merupakan cara yang “hemat” bagi Beijing untuk mengasah kemampuan tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan menguji respons Taiwan.

Sumber-sumber itu menambahkan, upaya itu mungkin juga merupakan cara China untuk menguji apakah semua jet tempur Taiwan sudah kembali beroperasi.

Baca Juga: Terang-terangan Ngaku Ingin Bumi Hanguskan Taiwan Sampai Provokasi Kirim Puluhan Jet, Nyatanya China Kocar-kacir Saat Taipei Keluarkan Senjata Rahasia Ini!

UAV

Source : Kompas.com, Asia One

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest