Follow Us

Ingat Perang Jepang vs China Tahun 1937? Ternyata Penyebabnya Gegara Prajurit Kebelet Kencing? Begini Kronologinya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 06 Juli 2021 | 15:57
(ilustrasi) Ingat Perang Jepang vs China Tahun 1937? Ternyata Penyebabnya Gegara Prajurit Kebelet Kencing? Begini Kronologinya!
screen shot 24h.com.vn

(ilustrasi) Ingat Perang Jepang vs China Tahun 1937? Ternyata Penyebabnya Gegara Prajurit Kebelet Kencing? Begini Kronologinya!

Sosok.ID – Memori masa lalu perang antara Jepang vs China memang masih melekat di kedua belah negara sampai saat ini.

Bahkan peristiwa perang yang terjadi pada tahun 1937 silam masih cukup membekas.

Bukan karena tanpa sebab, ternyata pertempuran hebat yang terjadi antar dua negara tetangga itu dipicu karena hal sepele.

Ya, meletusnya konflik dua negara itu terjadi disebut-sebut karena prajurit yang kebelet kencing.

Sebuah insiden kecil menyebabkan pertempuran kecil hingga menyebabkan Perang China-Jepang Kedua’ dan kemudian Perang Pasifik pada Perang Dunia II.

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada, Kini Tiongkok Makin Gencar Untuk Kuasai Laut China Selatan, Filipina Sampai Pakai Kekuatan Wanita?

Ini bermula di Jembatan Lugou (Lu Ditch) di Distrik Fengtai Beijing, yang aslinya dibangun pada tahun 1189 oleh Kaisar Shizong untuk memperluas jangkauan kota.

Pada abad ke-13, Marco Polo mengunjungi China dan membuat lirik tentang jembatan itu, sehingga orang Eropa menamainya dengan namanya.

Tahun 1868. Terkesan dengan Eropa, Jepang meluncurkan Restorasi Meiji untuk memodernisasi dirinya dengan meniru semua hal barat.

Ternyata Jepang tak ingin kalah, ia pun memulai infasi ke negara tetangga termasuk China.

Invasi pertama terjadi pada tahun 1894, meluncurkan Perang China-Jepang Pertama, yang berakhir pada tahun berikutnya dengan kekalahan China.

Wilayah China di timur dikuasai oleh Jepang, sementara negara-negara Eropa melakukan hal yang sama di barat dan selatan.

Source : intisari-online.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest