Ikuti Jejak Filipina dan Vietnam di Laut China Selatan, Indonesia Diam-diam Kerahkan Kekuatan Penuh, Kirim Kapal Selam, Kapal Tempur Hingga Jet Hadang Kenekatan Tiongkok

(ilustrasi) Ikuti Jejak Filipina dan Vietnam di Laut China Selatan, Indonesia Diam-diam Kerahkan Kekuatan Penuh, Kirim Kapal Selam, Kapal Tempur Hingga Jet Hadang Kenekatan Tiongkok The Conversation
(ilustrasi) Ikuti Jejak Filipina dan Vietnam di Laut China Selatan, Indonesia Diam-diam Kerahkan Kekuatan Penuh, Kirim Kapal Selam, Kapal Tempur Hingga Jet Hadang Kenekatan Tiongkok

Sosok.ID - Aktivitas militer di Laut China Selatan baru-baru ini meningkat tajam semenjak Tiongkok kirim pasukan nelayan milisi di kawasan sengketa.

Terhitung ada beberapa negara ASEAN yang mengirimkan armada lautnya ke perbatasan Laut China Selatan.

Filipina dan Vietnam dikabarkan lebih dulu berang dengan tindakan China kirim milisi nelayannya di kawasan sengketa.

Bahkan dibelakagn Filipina, Amerika Serikat (AS) siap membantu sekutunya tersebut bila perang pecah di Laut China Selatan.

Baca Juga: Laut China Selatan dalam Bahaya, Filipina dan AS Gencar Persiapan Turun Perang Buntut Provokasi Kapal China

Sejalan dengan Filipina, Vietnam pun mengaku marah besar dengan tindakan China di kawasan perbatasan.

Melansir dari News.com.au, Selasa (13/4/2021) Vietnam tidak tinggal diam mengenai masalah Laut China Selatan dengan mengirim salah satu kapal perangnya untuk melakukan "latihan tempur".

Kapal perang jenis fregat anti-kapal selam modern Quang Trung dan helikopter on-boardnya dikerahkan ke wilayah Laut China Selatan.

Lalu bagaimana dengan Indonesia yang juga bermasalah dengan China lantaran sebagian wilayah Natuna Utara diklaim oleh Xi Jinping?

Baca Juga: China Makin Nekat, Xi Jinping Perintahkan Ilmuwannya Lakukan Pengeboran di Laut Natuna Utara, Bagaimana Tindakan Indonesia?

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

POPULAR

TAG POPULAR