Follow Us

Siaga! China Sebulan Penuh Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan, AS dan Perancis Giat Kirim Kendaraan Perang

Rifka Amalia - Senin, 01 Maret 2021 | 13:00
Ilustrasi - Latihan militer China
Burkitt, Janet, CTR, DIMOC JCCC

Ilustrasi - Latihan militer China

Sosok.ID - Ketegangan antara China dan AS kian melonjak, di mana China mengambil sikap meningkatkan latihan militer di Laut China Selatan.

Tak main-main, latihan kesiapan tempur itu dilaksanakan selama sebulan penuh di bulan Maret 2021.

Dikutip dari Global Times, Senin (1/3/2021), China telah mengumumkan akan mengadakan latihan militer di Laut China Selatan sepanjang bulan Maret, di saat militer AS telah sering mengirimkan pesawat dan kapal pengintai ke wilayah tersebut.

Sementara itu, kelompok kapal perang Prancis juga sedang dalam perjalanan.

Baca Juga: Belum Juga Reda, Tiongkok Kembali Ancam Negara-negara di Laut China Selatan Termasuk Indonesia dengan Serangan Rudal, AS Langsung Kirim Kapal Pengintai

Laut China Selatan kemungkinan akan tetap menjadi titik nyala antara China dengan pemerintahan baru AS di bawah kepemimpinan Joe Biden.

AS diperkirakan akan terus menekan China dengan langkah militer dan politik, kata para analis pada hari Minggu (28/2/2021).

Latihan militer akan diadakan di zona melingkar dengan radius lima kilometer di Laut China Selatan, sebelah barat Semenanjung Leizhou, dari Senin hingga 31 Maret.

Bukan hanya itu, bunyi pemberitahuan pembatasan navigasi yang dikeluarkan oleh China, Administrasi Keselamatan Maritim di situsnya pada hari Jumat mengatakan bahwa masuknya kapal lain dilarang.

Baca Juga: 10 Pembom PLA Siaga di Laut China Selatan, Kendaraan Perang dari Berbagai Negara Sudah Diturunkan

Tetapi pemberitahuan itu tidak merinci detail latihan.

Analis mengatakan bahwa sejak Juli 2020, China telah mengadakan beberapa putaran latihan militer di wilayah tersebut, menandakan itu adalah lokasi rutin untuk latihan mereka.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest