Follow Us

Sama-sama Kirim Pasukan Lengkap dengan Persenjataan Canggih, China dan India Kirim Tentara Untuk Siaga Perang di Atas Sungai, Ini Sebabnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 07 Desember 2020 | 20:00
Sama-sama Kirim Pasukan Lengkap dengan Persenjataan Canggih, China dan India Kirim Tentara Untuk Siaga Perang di Atas Sungai, Ini Sebabnya!
dnaindia

Sama-sama Kirim Pasukan Lengkap dengan Persenjataan Canggih, China dan India Kirim Tentara Untuk Siaga Perang di Atas Sungai, Ini Sebabnya!

Sosok.ID - Rencana Beijing untuk membangun 'bendungan super' telah membuat New Delhi mempertimbangkan untuk membangun proyek saingan di sungai yang dikenal sebagai Brahmaputra di India dan Yarlung Zangbo di Cina.

Analis memperingatkan bahwa perlombaan seperti itu bisa lepas kendali, dengan dampak tidak hanya untuk keduanya tetapi juga Bangladesh, di mana air juga mengalir melalui.

Di tengah tujuh bulan tanpa akhir perbatasan stand-off antara pasukan mereka dan pemisahan ekonomi, hubungan yang rusak antara India dan China sekarang memiliki titik nyala baru: air.

Yang memicu konflik baru ini adalah campuran ketidakpercayaan, kurangnya transparansi, dan persaingan yang intens atas salah satu sungai terbesar di dunia, yang dikenal sebagai Brahmaputra di India dan Yarlung Zangbo di Cina.

Baca Juga: Saingi China, India Luncurkan Kapal Induk INS Vikrant

Akhir bulan lalu, China mengumumkan niatnya untuk membangun apa yang bisa menjadi proyek pembangkit listrik tenaga air terbesarnya, yang berpotensi menghasilkan energi tiga kali lebih banyak daripada proyek Three Gorges, proyek serupa terbesar saat ini di dunia.

Tabloid nasionalis Global Times mengutip Yan Zhiyong, ketua Power Construction Corporation of China, yang mengatakan bahwa proyek semacam itu dapat menghasilkan 70 juta kilowatt jam dan tidak akan memiliki "sejarah yang paralel".

Meskipun Beijing tidak mengumumkan lokasi pastinya, itu mengindikasikan bahwa lokasi itu mungkin dekat dengan apa yang dikenal sebagai "The Great Bend", di mana sungai berbelok tajam ke selatan untuk memasuki wilayah Arunachal Pradesh di timur laut India.

Banyak orang di India prihatin tentang dampak proyek besar seperti itu terhadap keamanan air dan pangan negara itu, serta kemungkinan persenjataan air oleh China karena cengkeramannya yang kuat pada arus - dengan menggunakannya untuk menyebabkan banjir atau menyebabkan kekeringan.

Baca Juga: India Akhiri Perayaan Suci dengan Bertempur Kotoran Sapi, Lusinan Orang Bertelanjang Dada Tertawa meski Tenggelam dalam Tinja Lembu, Lihat Fotonya!

Dua hari kemudian, New Delhi mengatakan sedang mempertimbangkan jurusan proyek pembangkit listrik tenaga air sendiri pada Brahmaputra untuk "mengurangi dampak buruk dari proyek bendungan China", seorang pejabat di kementerian air India mengatakan kepada Reuters.

Source : Reuters, scmp, Global Times

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest