Follow Us

Medan Militer Malabar Terjunkan Prajurit Jepang, India, Australia, dan AS dengan Maksud Terselubung 'Pecundangi' China

Rifka Amalia - Rabu, 04 November 2020 | 18:42
Australia pernah bergabung dengan latihan angkatan laut Malabar pada tahun 2007.
Tangkap Layar Livemint

Australia pernah bergabung dengan latihan angkatan laut Malabar pada tahun 2007.

Sosok.ID - Kapal perang dan pesawat dari empat negara "Quad", memulai latihan militer gabungan tahunan Malabar di Teluk Benggala pada hari Selasa (3/11/2020).

Dilansir dari Japan Times, Rabu (4/11), Australia bergabung kembali dalam latihan tersebut untuk pertama kalinya dalam 13 tahun.

Untuk diketahui, latihan itu dilakukan kurang dari sebulan setelah pertemuan Quad yang sangat simbolis di Tokyo dengan para diplomat teratas dari empat negara demokratis paling kuat di kawasan Indo-Pasifik.

Mereka terdiri dari Jepang, Australia, India dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Dengan Sangat Yakin China Sebut Upaya AS PDKT dengan India Bakal Sia-sia meski Mereka Tergabung dalam Quad, Ada Apa?

Meskipun beberapa kesimpulan konkret muncul dari pembicaraan tersebut, Quad secara luas ditafsirkan sebagai pesan ke China.

Latihan Malabar tidak secara resmi terkait dengan forum Quad, tetapi para pengamat mengatakan para peserta berharap untuk mengubah latihan menjadi penyeimbang pengaruh militer dan politik Beijing yang semakin kuat di wilayah tersebut.

Dengan kata lain, latihan Quad di Malabar memiliki maksud terselubung untuk menjegal pengaruh China.

Latihan fase pertama berlangsung hingga Jumat (6/11/2020), sedangkan fase kedua akan digelar akhir bulan November ini.

Baca Juga: Australia, AS, dan Jepang Turun di 'Medan Tempur' Malabar India, China Ketar-ketir Bakal Dibangun NATO Indo-Pasifik Usai Quad Adakan Pertemuan

Pasukan Bela Diri Maritim dan Angkatan Laut AS mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa latihan tahun ini, iterasi ke-24 mereka, termasuk berbagai "pelatihan taktis kelas atas,".

Source : Japan Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest