Follow Us

Saingi China, India Luncurkan Kapal Induk INS Vikrant

Seto Ajinugroho - Senin, 07 Desember 2020 | 06:13
Saingi China, India Luncurkan Kapal Induk INS Vikrant
Navy Recognition

Saingi China, India Luncurkan Kapal Induk INS Vikrant

Sosok.ID - India rupanya panas hati melihat China punya kapal induk baru, Shandong.

New Delhi lantas meluncurkan kapal induk baru yakni INS Vikrant.

Vikrant sendiri tak ubahnya saudara kembar Shandong karena mempunyai rancang bangun sama.

Keduanya merupakan keturunan kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov.

Baca Juga: Korupsi dalam Kondisi Khusus, Tersangka Suap Bansos Covid-19 Mensos Juliari Batubara Bisa Terancam Hukuman Mati

Kabar baik datang dari Kementerian Pertahanan India. Direktorat Humas mengumumkan bahwa uji coba tahap awal dari kapal induk India, INS Vikrant, telah berhasil dilakukan.

Melalui akun Twitter resmi Defense Public Relation Officer untuk Kerala yang ada di bawah direktorat Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan India, uji coba cekungan oleh Indian Aircraft Carrier 1 (IAC 1) telah berhasil dilakukan.

Uji coba dilakukan di Cochin Shipyard Limited di kota Kochi. Berdasarkan pengumuman dari Kementerian Pertahanan India, IAC 1 diharapkan bisa melakukan uji coba di laut lepas pada awal tahun 2021.

IAC 1 alias INS Vikrant telah berhasil menyelesaikan paket pekerjaan dok kering Pra-Kontraktor Sea Trials pada Desember 2019. Uji coba cekungan ini dilakukan untuk membuktikan sistem propulsi, transmisi dan poros.

Baca Juga: Gadaikan Nyawa Demi Harta yang Tak Seberapa, Demi Uang Rp 14 Juta, Seorang YouTuber 'Bunuh' Pacarnya yang Sedang Hamil Saat Siaran Langsung di Hadapan 10 Ribu Subscriber-nya

Kemampuan kapal induk INS Vikrant

Dikutip dari Naval News, konstruksi INS Vikrant ada di level yang cukup maju dengan empat turbin gas sebagai mesin utamanya. Kapal induk India ini juga dilengkapi sistem pembangkit listrik yang terdiri dari delapan alternator diesel.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest