Follow Us

Hati-hati India! Brigade Artileri Medan China Punya Kemampuan Serangan Presisi Jarak Jauh

Seto Ajinugroho - Jumat, 30 Oktober 2020 | 07:13
Hati-hati India! Brigade Artileri Medan China Punya Kemampuan Serangan Presisi Jarak Jauh
Xinhua

Hati-hati India! Brigade Artileri Medan China Punya Kemampuan Serangan Presisi Jarak Jauh

Sosok.ID - Dalam peperangan masa kini, sebuah angkatan bersenjata harus mempunyai satuan Artileri Medan sebagai elemen penggebuk dari jarak jauh.

Bermodalkan roket dan Howitzer bahkan rudal jarak jauh, satuan artileri harus mampu memberikan dukungan dari garis belakang kepada pasukan garda depan dalam sebuah pertempuran.

Peran artileri sangat vital karena bisa dijadikan 'game changer' apabila pasukan kawan terdesak dan bisa memberikan daya pukul mematikan membantu serbuan ke pihak musuh.

Amerika Serikat (AS) dalam perang Irak contohnya mereka sangat mewanti-wanti agar semua artileri medan dan pertahanan udara Saddam Hussein harus disapu bersih terlebih dahulu sebelum infantri dan USMC mendarat di Baghdad.

Baca Juga: Cuma ke Rumah Sakit Harus Tempuh Perjalanan 3 Jam Gegara Jalanan yang Rusak, Seorang Ibu Terpaksa Melahirkan di Tengah Jalan

Bahkan AS sampai rela membuat A-10 Thunderbolt II sebagai killer tank dan artileri musuh karena tahu jika dua elemen tersebut masih beroperasi maka pendaratan pasukan Paman Sam bisa buyar seketika.

Hal inilah yang disadari oleh pasukan China saat ini.

Satu brigade tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dari Komando Militer Tibet baru-baru ini melakukan latihan tembak yang berfokus pada serangan jarak jauh menggunakan berbagai jenis artileri.

Global Times mengabarkan, latihan tembak jarak jauh ini PLA lakukan di ketinggian 4.400 meter. Ketinggian ini sengaja militer China pilih untuk menguji jarak tempuh serta kemampuan artileri menempuh medan dataran tinggi.

Baca Juga: Klaim Penangkapan Aktivis Era Orde Baru Lebih Baik daripada Era Jokowi, Rizal Ramli: Saya Pernah Ditahan Pemerintah Soeharto

Menurut pemimpin brigade yang tidak disebutkan namanya, selama latihan, berbagai jenis target pada jarak tembak sejauh mungkin untuk mengoptimalkan konfigurasi daya tembak.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest