Follow Us

Bertekad Bulat-bulat, China Genjot PLA agar Setara Militer AS di Tahun 2027, Xi Jinping Dikhawatirkan Seumur Hidup Jadi Presiden

Rifka Amalia - Senin, 02 November 2020 | 14:42
Presiden China, Xi Jinping
Xinhua

Presiden China, Xi Jinping

Sosok.ID - Partai Komunis China (CPC) mengumumkan rencana untuk membuat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) setara dengan militer AS.

Dikutip dari The Economic Times, Senin (2/11/2020), laporan media setempat menyebutkan bahwa CPC telah menyelesaikan rencana untuk membangun militer modern sepenuhnya yang setara dengan AS pada tahun 2027.

Di tahun tersebut, yang menandai seratus tahun berdirinya PLA, Tiongkok akan membangun militer yang sepenuhnya modern.

Ini merupakan sebuah tujuan yang sejalan dengan kekuatan nasional, dan akan memenuhi kebutuhan pertahanan nasional di masa depan, lapor Global Times mengutip pernyataan analis China yang mengatakan pada hari Sabtu (31/10).

Baca Juga: Bualan Perang vs China Sia-sia, Senjata Militer Taiwan Sudah Ringsek, Eks Mayor Jenderal Kesal: Mau Perang Pakai Sapu? Beli dari AS Tak Ada Gunanya!

Sidang Pleno BPK yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan empat hari mengadopsi proposalnya untuk perumusan Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional dan Tujuan Jangka Panjang Melalui Tahun 2035.

Rencana Lima Tahun ke-14 itu mengagendakan perombakan besar-besaran pasar domestik China untuk meningkatkan konsumsi guna mengurangi ketergantungan Beijing pada pasar ekspor yang menyusut.

Adapun Xi Jinping memiliki Visi 2035 yang memvisualkan rencana jangka panjang, mencerminkan visi pengembangan termasuk militer.

Secara politis, rencana Visi 2035 Xi telah memicu spekulasi bahwa ia dapat terus berkuasa selama 15 tahun ke depan.

Baca Juga: Janji-janji AS Bertebaran di 5 Negara Asia, Saat Tiba di Indonesia Iming-iming Bakal Tingkatkan Investasi, Takut Kalah dari China?

Xi Jinpng, yang saat ini berusia 67 tahun, telah muncul sebagai pemimpin paling kuat dari Partai Komunis Tiongkok setelah pendirinya Mao Zedong, memegang posisi Sekretaris Jenderal BPK, kepala militer selain kepresidenan dengan prospek masa jabatan seumur hidup.

Amandemen konstitusi pada 2018 telah menghapus batas masa jabatan dua-lima tahun untuk Presiden, yang akan memungkinkan Xi untuk terus berkuasa seumur hidup.

Source : The Economic Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest