Follow Us

Bumi Menua, Lapisan Es Arktik yang Mencair Justru Perkuat Militer China, Buka Jalan bagi Beijing Menuju Atlantik dan Perkuat Klaimnya

Rifka Amalia - Jumat, 09 Oktober 2020 | 20:45
Lapisan es mencair
Tangkap Layar YouTube TVOne

Lapisan es mencair

Sosok.ID - Lapisan es Arktik yang mencair memperkuat militer China, memperingatkan kepala angkatan laut Inggris Rusia juga cenderung mengeksploitasi krisis lingkungan, kata laksamana

Hal itu membuka jalan baru ke Atlantik untuk Angkatan Laut China yang sedang berkembang dalam tantangan baru yang potensial ke Inggris dan barat, kepala Angkatan Laut Kerajaan memperingatkan.

Melansir Independent, Jumat (9/10/2020), Rusia juga kemungkinan akan lebih menegaskan dirinya di bagian Atlantik itu, wilayah strategis untuk Eropa dan AS, kata Tony Radakin, Penguasa Laut Pertama.

“Perubahan iklim merupakan perhatian kita semua tetapi membuka rute perdagangan maritim di seluruh dunia, mengurangi separuh waktu transit antara Eropa dan Asia. Dan kami duduk di pintu gerbang ke rute-rute ini, ”katanya.

Baca Juga: Latihan Militer Gabungan China dan Rusia Bakal Digelar, NATO Siap Melawan

Berbicara di atas kapal induk baru HMS Prince of Wales, di Portsmouth, dia menyatakan: “Ketika China mengarungi angkatan lautnya yang sedang berkembang ke Atlantik, ke arah mana dia akan datang - rute panjang atau rute pendek."

"Dan rute ini menyusuri pantai Rusia yang bangkit kembali. Rusia yang sekarang lebih aktif di Atlantik - halaman belakang kami - daripada yang pernah dilakukannya selama lebih dari 30 tahun. ”

Laksamana Radakin melanjutkan: "Saat 'High North' menjadi lebih terbuka dan dapat diakses, hal itu akan menjadi lebih diperebutkan dan juga kompetitif."

"Kami sudah melakukan lebih banyak hal di High North, kami telah beroperasi dengan teman Norwegia kami, dengan teman Amerika kami, di Laut Barents.

Baca Juga: 19 Negara NATO Ejek Rusia di Laut Baltik, Gelar Latihan Militer Skala Besar

Itu salah satu dari rangkaian operasi. Kami akan mencari di 'High North' untuk bergabung dengan mitra kami.

Pengambilan saham kami akan melihat kemampuan, itu juga akan melibatkan kami bekerja dan melihat apa yang ditawarkan mitra kami kepada kami - Norwegia, Amerika, Kanada, negara lain di seluruh dunia yang memiliki minat khusus di High North . ”

Source : independent

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest