Follow Us

China Enyah Dulu, Turki Produksi Drone Bersenjata yang Mampu Guncang Keseimbangan Militer Timur Tengah, Indonesia Jadi Pasarnya

Rifka Amalia - Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:42
Drone militer Turki di Paris Airshow 2019: Perusahaan pertahanan Turki menantang pembuat drone mapan dari China, Israel, dan AS.
Assia Nikkei

Drone militer Turki di Paris Airshow 2019: Perusahaan pertahanan Turki menantang pembuat drone mapan dari China, Israel, dan AS.

Sosok.ID - Meningkatnya ekspor ke Timur Tengah dan Kaukasus telah mengguncang keseimbangan kekuatan regional di wilayah tersebut.

Dikutip dari Nikkei, Kamis (8/10?2020), ekspor drone militer Turki meningkat, menyaingi sektor drone milik China dan mengguncang keseimbangan kekuatan militer di Kaukasus, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Sejak akhir September, media Turki dan Azerbaijan ramai dengan video yang menunjukkan drone bersenjata menyerang pasukan Armenia yang terletak di dalam wilayah Nagorno-Karabakh, daerah kantong milik Azerbaijan tetapi diperintah oleh etnis Armenia yang memisahkan diri.

"Jika kami tidak memperoleh kemampuan (pesawat tak berawak) ini, akan jauh lebih sulit bagi Azerbaijan untuk menghancurkan penumpukan militer selama 30 tahun, termasuk tank dan artileri," kata Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev kepada saluran TV milik negara Turki, TRT, Senin.

Baca Juga: Tuding Turki Sebagai Dalang di Balik Pertempuran Sengitnya dengan Azerbaijan, PM Armenia Sebut Ankara Sudah Kerahkan Tentara Bayaran ke Kawasan Konflik

Namun, beberapa negara khawatir.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne mengumumkan penangguhan izin ekspor untuk komponen terkait pesawat tak berawak ke Turki.

Hal itu dimaksudkan untuk menilai "tuduhan yang dibuat mengenai teknologi Kanada yang digunakan dalam konflik militer di Nagorno-Karabakh."

Ini hanyalah satu contoh perusahaan pertahanan Turki yang telah menjadi pembuat dan eksportir drone terkenal, dengan negara yang sekarang menantang pembuat drone mapan seperti China, Israel, dan AS.

Baca Juga: Gembar-gembor Turki Bantu Azerbaijan Hancurkan Armenia, Erdogan Bakal Kicep Gegara Vladimir Putin Siapkan Pasukan Rusia Demi Pastikan Armenia Aman

Perusahaan pertahanan Turki Baykar Defense secara resmi mengumumkan ekspor drone TB-2 ke Qatar dan Ukraina pada 2018.

Namun, menurut banyak analis pertahanan dan keamanan, drone tersebut juga saat ini terbang di Libya dan Azerbaijan.

Source : Asia Nikkei

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest