Follow Us

ASEAN Jangan Lengah! Militer AS Desak Asia Tenggara untuk Bantu Melawan China, Sinyal Politik Tunjukkan Tanda Tak Biasa

Rifka Amalia - Jumat, 09 Oktober 2020 | 19:42
China VS Amerika
Goldwater via Intisari

China VS Amerika

Sosok.ID - Pada akhir September, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dengan getir mengeluh kepada Majelis Umum PBB bahwa "beberapa negara" mencampuri urusan dalam negerinya.

Seruan di alam liar ini hanyalah petunjuk dari penderitaan diplomatik karena negara-negara Asia Tenggara semakin terjepit antara China dan AS.

Kedua negara adidaya itu terlibat dalam 'perjuangan' untuk mendapatkan dominasi militer di wilayah tersebut.

Perhatian khusus Kamboja adalah bahwa AS memberi sanksi kepada perusahaan China Union Development Group yang mengembangkan zona wisata besar di sepanjang pantainya.

Baca Juga: Pakar Militer Internasional Sebut, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Tak Akan Bisa Netral Bila Perang AS vs Tiongkok Pecah di Laut China Selatan, Ini Penjelasannya!

Melansir Asia Times, alasan yang diberikan termasuk "menjadi barisan depan bagi China guna memajukan ambisinya untuk memproyeksikan kekuatan secara global."

AS khawatir bahwa China mungkin membangun pangkalan militer atau fasilitas pendukung di proyek tersebut - sesuatu yang disangkal China dan Kamboja tidak akan mengizinkannya.

Negara-negara Asia Tenggara lainnya jelas-jelas ditekan untuk membantu upaya militer AS untuk menahan China, dan beberapa melakukannya.

Filipina dan Thailand masih menjadi sekutu AS dan memfasilitasi strategi AS dengan menyediakan “tempat” bagi aset militer Amerika.

Baca Juga: Tiongkok Beringas Gerogoti Laut China Selatan, Retno Marsudi Ajak Australia Gabung ASEAN, Kenapa?

Pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thailand adalah elemen penting dalam strategi "posisi maju" Pentagon.

Source : Asia Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest