Follow Us

Tuding Turki Sebagai Dalang di Balik Pertempuran Sengitnya dengan Azerbaijan, PM Armenia Sebut Ankara Sudah Kerahkan Tentara Bayaran ke Kawasan Konflik

Dwi Nur Mashitoh - Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:13
Pertempuran Armenia-Azerbaijan
Tangkapan layar Youtube Sky News

Pertempuran Armenia-Azerbaijan

Sosok.ID - Hingga kini, konflik yang terjadi anatara negara Armenia dengan Azerbaijan masih belum usai.

Konflik yang meletus di kawasan Nagorno-Karabakh ini juga belum terlihat tanda-tanda akan berakhir.

Sekalipun sudah memakan ratusan korban jiwa.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menuding, Turki adalah dalang perang melawan Azerbaijan di kawasan Nagorno-Karabakh.

Baca Juga: Tengah Terlibat Konflik Sengit hingga Tewaskan 39 Prajurit, Inilah Perbandingan Militer Armenia vs Azerbaijan, Siapa yang Lebih Kuat?

Dalam wawancaranya dengan AFP, Pashinyan mengatakan selama 15 tahun terakhir, pemerintah negara tetangga memang menyulutkan ketegangan.

Tetapi, justru dukungan Turki terhadap Azerbaijan yang membuat perang melawan Armenia berkecamuk di Nagorno-Karabakh, selama dua pekan terakhir.

"Tanpa partisipasi aktif dari Turki, peperangan ini jelas tidak akan terjadi," kata Pashinyan di istana negara, seperti dilansir Rabu (7/10/2020).

Dengan suara berat dan intonasi yang dalam, PM sejak 2018 itu menuding Baku sudah menggelar aksi teror melawan orang yang hendak memperjuangkan kebebasan.

Baca Juga: Gembar-gembor Turki Bantu Azerbaijan Hancurkan Armenia, Erdogan Bakal Kicep Gegara Vladimir Putin Siapkan Pasukan Rusia Demi Pastikan Armenia Aman

Dia menekankan, konflik di Karabakh bukanlah eskalasi terbaru memperebutkan wilayah yang secara internasional diakui adalah bagian Azerbaijan.

Source : Kompas.com

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest