Follow Us

Militernya Jagoan Sedunia, Inilah Kumpulan Pesawat Paling Gila yang Pernah Diterbangkan Amerika! Ada yang Cuma Sayap Terbang

Rifka Amalia - Senin, 05 Oktober 2020 | 20:30
Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.
Angkatan Udara AS

Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) beberapa kali pernah menerbangkan sejumlah pesawat klasik yang ekstrim.

Berbagai percobaan untuk meningkatkan armadanya dilakukan, meski terkesan gila dan berbahaya.

Sejumlah pesawat Amerika kini telah menjadi pesawat klasik, antara lain P-51 Mustang, F4U Corsair, B-17 Flying Fortress.

Perdebatan tentang pesawat mana yang paling keren bak tak ada habisnya. Namun beberapa, bagaimanapun, dianggap benar-benar gila.

Baca Juga: 11.000 Tentara Amerika Beserta Kapal Perang dan 100 Pesawat Latihan Militer di Pulau Guam, China Berteriak: Siap Tempur

Melansir Business Insider, berikut adalah beberapa pesawat paling gila yang pernah diterbangkan militer AS - tetapi hanya karena terlihat gila bukan berarti beberapa di antaranya tidak berfungsi.

McDonnell F-85 Goblin

McDonnell XF-85 Goblin dan kapal induk EB-29-nya.
Angkatan Udara AS

McDonnell XF-85 Goblin dan kapal induk EB-29-nya.

Pesawat jet awal ini sangat mirip pelari. Mereka cepat, tetapi tidak memiliki banyak jangkauan. Jadi beberapa orang memiliki ide cemerlang untuk meminta pembom membawa serta pengawalan pesawat tempurnya.

"Pesawat tempur parasit" dimaksudkan untuk dibawa masuk oleh pembom, dilepaskan, melawan pesawat musuh, kemudian dihubungkan kembali dengan pembom.

Ekspresi terakhirnya adalah F-85 Goblin. Pesawat ini beratnya kurang dari 5.000 pon, dan dipersenjatai dengan empat senapan mesin kaliber 50. Itu membuat total tujuh penerbangan sebelum program itu dibatalkan.

Mengapa? Pengisian bahan bakar udara disempurnakan, dan membuat pembom menukar banyak muatan mereka untuk membawa pengawalan pesawat tempur yang tidak lagi diperlukan.

Baca Juga: Tinggal Eksekusi Perang! China Kelar Simulasi Ambil Alih Taiwan, 4 Jenis Pesawat Tempur Gasak Superioritas Udara di Langit Taipe

Northrop B-35 dan B-49

Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.
Angkatan Udara AS

Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.

Kita melihat bahwa mungkin B-2 dewasa ini sebagai pembom berteknologi tinggi terbaik. Tapi Northrop telah mencoba mengembangkan sayap terbang yang berfungsi sejak Perang Dunia II.

B-35 dan B-49 tampak futuristik - dan memiliki kemampuan berpuluh-puluh tahun lebih cepat dari masanya.

Dalam kasus ini, sayap terbang memang memiliki kelebihan, tetapi masalahnya adalah teknologinya belum ada.

Jatuhnya prototipe YB-49 membantu membuat sayap terbang menjadi limbo, tidak kembali sampai program B-2, ketika komputer memungkinkan sayap terbang untuk benar-benar terbang.

Baca Juga: Amerika Sombong Sebut Pesawat Tempurnya Anti Kiamat, Tapi malah Rusak Ditabrak Burung hingga Rugi Rp 28 Miliar

NB-36H Peacemaker

Pesawat eksperimental Convair NB-36H Peacemaker dan pesawat pengejar Boeing B-50 Superfortress selama pengembangan di Forth Worth, Texas, pada tahun 1955.
Angkatan Udara AS

Pesawat eksperimental Convair NB-36H Peacemaker dan pesawat pengejar Boeing B-50 Superfortress selama pengembangan di Forth Worth, Texas, pada tahun 1955.

Di satu sisi, B-36 bisa dibilang membuat B-52 Stratofortress yang legendaris terlihat lemah. Namun, pesawat itu membutuhkan banyak bahan bakar untuk turun dari darat dan tetap terbang.

Bahan bakar bisa menjadi mahal, dan mudah terbakar. Jadi mereka memutuskan untuk melihat apakah mereka dapat menggunakan tenaga nuklir. NB-36H dibangun untuk menguji konsep tersebut.

Reaktor beratnya 35.000 pound. Tetapi setelah uji terbang, Angkatan Udara memutuskan bahwa bahan bakar jet masih merupakan pilihan yang lebih baik. Selain itu, mereka membeli beberapa tanker pertama dari 732 KC-135.

Baca Juga: Seolah Lapar Pertikaian, AS Genjot 2 Kapal Perang dan 3 Pesawat Pembom ke Laut Hitam, Rusia Ancang-ancang!

C-5 Galaxy

Orang-orang menunggu untuk memasuki Galaxy C-5A pertama Airlift Wing ke-445 pada tahun 2005.
Angkatan Udara AS oleh Tech. Sgt. Charlie Miller

Orang-orang menunggu untuk memasuki Galaxy C-5A pertama Airlift Wing ke-445 pada tahun 2005.

C-5 Galaxy adalah pesawat yang gila dan sangat besar. Lembar fakta Angkatan Udara di pesawat ini menjelaskan semuanya: Panjangnya 247 kaki, tinggi 65 kaki, dan lebar sayap hanya di bawah 223 kaki. Angkatan Udara membangun 126 pesawat ini: 76 C-5A dari 1968-1973, dan 50 C-5B dari 1985-1989.

Pesawat ini dapat diisi bahan bakar saat terbang, tetapi bahkan saat membawa 60 ton, ia dapat terbang 4.800 mil laut.

Saat ini Angkatan Udara memiliki 78 C-5 dalam inventaris. Tetapi jika Anda memiliki sesuatu yang dapat mengangkut kargo sebanyak 135 ton sekaligus, mungkin tidak ada salahnya untuk membangun lebih banyak.

Baca Juga: Taipe Berang! 2 Lusin Pesawat Militer dan 7 Kapal AL China Sekonyong-konyong Latihan Adu Gempur di Zona Taiwan, 'Jangan Remehkan Tekad Kami!'

F-117 Nighthawk

Dua tentara AS menjaga F-117 di pangkalan udara Spangdahlem, barat daya Bonn, Jerman, 4 April 1999.
Tangkap layar Business Insider

Dua tentara AS menjaga F-117 di pangkalan udara Spangdahlem, barat daya Bonn, Jerman, 4 April 1999.

Pesawat ini termasuk dalam kategori cukup gila untuk bekerja. Hanya dengan melihatnya, Anda pikir itu tidak akan terbang.

Tetapi faktanya pesawat ini bisa terbang, dan ini adalah salah satu permata mahkota yang muncul dari kilang Lockheed terkenal yang dikenal sebagai "Skunk Works."

Sering disebut "Wobblin 'Goblin", F-117 dirancang untuk memiliki penampang radar yang sangat rendah.

Itu akhirnya bekerja dengan sangat baik untuk pilot Amerika, dengan mudah menembus sistem pertahanan udara kebanggaan Irak.

Salah satu pesawat hilang di Yugoslavia selama Operasi Sekutu pada 1999, tetapi F-117 melayani dengan baik, dan pesawat itu masih terbang meskipun telah "pensiun" pada tahun 2007. (*)

Source : Business Insider

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest