Follow Us

Militernya Jagoan Sedunia, Inilah Kumpulan Pesawat Paling Gila yang Pernah Diterbangkan Amerika! Ada yang Cuma Sayap Terbang

Rifka Amalia - Senin, 05 Oktober 2020 | 20:30
Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.
Angkatan Udara AS

Sayap terbang Northrop YB-49, prototipe pembom berat.

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) beberapa kali pernah menerbangkan sejumlah pesawat klasik yang ekstrim.

Berbagai percobaan untuk meningkatkan armadanya dilakukan, meski terkesan gila dan berbahaya.

Sejumlah pesawat Amerika kini telah menjadi pesawat klasik, antara lain P-51 Mustang, F4U Corsair, B-17 Flying Fortress.

Perdebatan tentang pesawat mana yang paling keren bak tak ada habisnya. Namun beberapa, bagaimanapun, dianggap benar-benar gila.

Baca Juga: 11.000 Tentara Amerika Beserta Kapal Perang dan 100 Pesawat Latihan Militer di Pulau Guam, China Berteriak: Siap Tempur

Melansir Business Insider, berikut adalah beberapa pesawat paling gila yang pernah diterbangkan militer AS - tetapi hanya karena terlihat gila bukan berarti beberapa di antaranya tidak berfungsi.

McDonnell F-85 Goblin

McDonnell XF-85 Goblin dan kapal induk EB-29-nya.
Angkatan Udara AS

McDonnell XF-85 Goblin dan kapal induk EB-29-nya.

Pesawat jet awal ini sangat mirip pelari. Mereka cepat, tetapi tidak memiliki banyak jangkauan. Jadi beberapa orang memiliki ide cemerlang untuk meminta pembom membawa serta pengawalan pesawat tempurnya.

"Pesawat tempur parasit" dimaksudkan untuk dibawa masuk oleh pembom, dilepaskan, melawan pesawat musuh, kemudian dihubungkan kembali dengan pembom.

Ekspresi terakhirnya adalah F-85 Goblin. Pesawat ini beratnya kurang dari 5.000 pon, dan dipersenjatai dengan empat senapan mesin kaliber 50. Itu membuat total tujuh penerbangan sebelum program itu dibatalkan.

Mengapa? Pengisian bahan bakar udara disempurnakan, dan membuat pembom menukar banyak muatan mereka untuk membawa pengawalan pesawat tempur yang tidak lagi diperlukan.

Source : Business Insider

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest