Follow Us

Seolah Lapar Pertikaian, AS Genjot 2 Kapal Perang dan 3 Pesawat Pembom ke Laut Hitam, Rusia Ancang-ancang!

Rifka Amalia - Jumat, 18 September 2020 | 16:42
Ilustrasi - Armada kapal perang AS di Pasifik
dailymail.co.uk

Ilustrasi - Armada kapal perang AS di Pasifik

Sosok.ID - Di saat ketegangannya dengan China di Laut China Selatan belum sepenuhnya padam, Amerika Serikat (AS) kembali gegerkan publik.

Kali ini AS mengirimkan kapal perangnya di perairan Laut Hitam yang juga menjadi halaman Rusia.

Dua kapal Angkatan Laut AS memasuki Laut Hitam di waktu yang berbeda.

Yakni, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Roosevelt (DDG 80) dan kapal transportasi cepat kelas Spearhead USNS Yuma.

Baca Juga: Bak Tak Tahu Malu, Dunia Remuk karena Virus yang Muncul dari Negaranya, China Justru Manfaatkan Krisis Corona untuk Perluas Klaimnya

Lewat akun Twitter-nya, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengumumkan, USS Roosevelt memulai transit ke Utara dalam perjalanan ke Laut Hitam pada Selasa (15/9).

Sejurus kemudian, USNS Yuma memulai transit ke Utara menuju Laut Hitam pada Rabu (16/9).

Kehadiran USS Roosevelt maupun USNS Yuma di Laut Hitam, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengatakan, untuk memulai operasi maritim rutin.

"Armada ke-6 Angkatan Laut AS secara rutin beroperasi di Laut Hitam untuk mendukung sekutu dan mitra kami di wilayah tersebut," tulis Armada ke-6 Angkatan Laut AS di akun Twitter.

Baca Juga: Coast Guard China Kembali Berulah, Duduki Wilayah Natuna Utara dan Enggan Diperingatkan Bakamla, Hingga Buat TNI AL Serta Kemenlu Turun Tangan, Ini Videonya!

Kali keenam mengunjungi Laut Hitam

Mengutip siaran pers di situs resmi Armada ke-6, ini adalah kali keenam kapal Angkatan Laut AS mengunjungi Laut Hitam sejak awal 2020.

Source : Kontan.co.id

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest