Follow Us

Taiwan Sudah 'Dikepung' PLA! Intel untuk Perang Sesungguhnya Disiapkan, China: Mereka akan Hancur Berkeping-keping!

Rifka Amalia - Senin, 28 September 2020 | 18:42
Ilustrasi - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan pengintaian di kedua sisi Taiwan untuk mengumpulkan intel demi bersiap dalam pertempuran nyata.
Sina

Ilustrasi - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan pengintaian di kedua sisi Taiwan untuk mengumpulkan intel demi bersiap dalam pertempuran nyata.

Sosok.ID - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) melakukan pengintaian di kedua sisi Taiwan untuk mengumpulkan intel demi bersiap dalam pertempuran nyata.

Selama latihan yang berorientasi pada pertempuran nyata dan patroli kesiapan tempur di Selat Taiwan sejak pekan lalu, PLA telah melakukan misi pengintaian udara dan maritim intensif di pulau Taiwan dari barat dan timur, dengan jumlah operasi yang melebihi jet tempur dan pembom.

Melansir Global Times, Senin (28/9/2020), operasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan intelijen pasukan Taiwan, AS dan Jepang.

Baca Juga: Belum Juga Perang, Anggaran Pertahanan Taiwan Bokek Gegara Cegat Jet Tempur China

Aktivitas kapal selam mereka, penempatan pasukan dan situasi fasilitas militer juga akan mempersiapkan PLA untuk kemungkinan pertempuran di masa depan, kata para ahli di daratan China pada hari Minggu (27/9).

Sejak otoritas pertahanan Taiwan mulai menerbitkan aktivitas pesawat PLA di dekat pulau itu dengan informasi rinci, foto dan jalur penerbangan pada 17 September dan pada hari Minggu memberitahukan adanya 10 serangan mendadak oleh pesawat perang anti-kapal selam Y-8 pada enam hari yang berbeda.

Semuanya terbang di atas perairan ke barat daya pulau.

Baca Juga: Belum Mulai, Malaysia Sudah 'Tergopoh-gopoh' Diajak Diskusi Empat Mata dengan China, Negara Tetangga Indonesia Jiper Duluan: Kami Mau Miltilateral!

Pesawat jenis yang sama kembali mendekati Taiwan pada Minggu pagi, dengan pesawat peringatan dini KJ-500 terbang di lepas pantai Shantou, Provinsi Guangdong China Selatan, media Taiwan melaporkan pada Minggu, mengutip layanan pelacakan pesawat open source.

Hal ini menandai hari ke-12 berturut-turut PLA memasuki zona identifikasi pertahanan udara yang dideklarasikan sendiri di Taiwan, katanya.

Sebagai perbandingan, otoritas pertahanan Taiwan hanya mencatat aktivitas PLA selama dua hari yang melibatkan jet tempur dan pembom.

Di sisi lain pulau, pada hari Jumat, sebuah pesawat pengintai Y-9 terbang melalui Selat Miyako dari utara, berbelok ke barat dan menuju ke timur Taiwan.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest