Tegang, China Lepeh Mentah-mentah Panggilan Telepon AS, Naikkan Tensi Selat Taiwan dan Laut China Selatan di Tengah Ancaman Perang

Rabu, 26 Mei 2021 | 17:03
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - China, menolak panggilan telepon Lloyd Austin setelah menteri pertahanan AS tersebut dikatakan meminta berbicara pada 'orang yang salah'.

Analis, menyoroti adanya kesalahpahaman dan ketidaksepakatan protokol yang mempengaruhi dialog antara militer China dan Amerika Serikat (AS).

Sumber militer China mengatakan, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin meminta untuk berbicara dengan wakil ketua Komisi Militer Pusat China (CMC) Xu Qiliang.

Padahal menurut China, seharusnya Austin meminta berbicara dengan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe.

Baca Juga: Meleset Sedikit Bisa Meledak di Wilayah Indonesia, China Tiba-tiba Ancam Bakal Luncurkan Rudal Balistik dengan Target Australia, Ternyata Ini Penyebabnya!

Dilansir dari South China Morning Post, hal itu telah menyebabkan kekhawatiran putus komunikasi anatra militer China dan AS yang berpotensi menimbulkan perang panas.

Sumber anonim mengatakan, rekan Austin sebagai sesama menteri pertahanan seharusnya adalah Menteri Pertahanan China Wei Fenghe, bukan malah Xu Qiliang - orang nomor 2 di CMC di bawah Presiden Xi Jinping, yang memimpin badan tersebut.

"Baik Xu dan Wei melapor ke Xi Jinping, tetapi dalam protokol diplomatik, rekan Austin adalah Wei," kata sumber anonim tersebut.

"Pentagon menyadari hal ini ketika (pendahulu Austin) Mark Esper dan James Mattis berada di kantor," tambahnya.

Baca Juga: Mengerikan, Jet Tempur PLA Hujani Ribuan Amunisi dalam Penembakan di Laut China Selatan

Mengutip Financial Times, sumber anonim dari departemen pertahanan AS melaporkan bahwa Beijing pada tiga kesempatan telah menolak permintaan Austin untuk berbicara dengan Xu melalui telepon.

Pada hari Senin, (24/5), media China Global Times mengatakan Pentagon "tidak mengikuti protokol diplomatik" karena permintaan tersebut.

Pakar hubungan internasional China mengatakan, saluran komunikasi antara pemerintah dan militer kedua negara hampir ditangguhkan sejak pembicaraan panas antara diplomat utama mereka di Alaska pada Maret 2021 lalu.

Dalam pembicaraan tersebut, diplomat tinggi China Yang Jiechi, yang mengungguli Menteri Luar Negeri Wang Yi, mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan bahwa China tidak akan menerima tuduhan yang tidak beralasan dari AS.

Baca Juga: Militer China dan Taiwan di Ambang Perang, Risiko Konflik Bersenjata Saat Ini Terparah Sepanjang Masa: Situasi Meledak Sekarang!

Pengamat lain tidak setuju bahwa permintaan Austin melanggar protokol diplomatik dan menjadi penyebab kegagalan saluran komunikasi.

Zhu Feng, seorang profesor hubungan internasional dari Universitas Nanjing, mengatakan konteks pembicaraan harusnya lebih penting daripada jabatan.

"Kedua negara tidak akan peduli tentang gelar resmi mitra negosiasinya, tetapi tentang otoritas eksekutif mereka," kata Zhu.

"Perselisihan saat ini menunjukkan bahwa kedua negara telah mencapai tahap di mana kedua belah pihak perlu rukun satu sama lain dengan lebih baik."

Baca Juga: Australia Jangan Harap Bikin China Ngompol, Latihan Bersama Jepang, AS, dan Prancis Cuma Bikin PLA Naik Darah: Militer Kalian Bukan Tandingan Kami!

Shi Yinhong, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Renmin di Beijing, mengatakan perpecahan yang dalam antara Xi dan mitranya dari AS Joe Biden telah menyebabkan penghentian komunikasi.

"Dapat dimengerti bahwa kementerian pertahanan China akan menolak permintaan dari rekan-rekan Amerika mereka selama persaingan sengit mereka, dengan Beijing merasa bahwa intinya ditantang oleh AS," kata Shi, merujuk pada upaya Washington untuk mempromosikan hubungan yang lebih dekat dengan Taiwan.

Begitu pula dengan sanksi terhadap Beijing atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

"Semua argumen itu menyebabkan kegagalan untuk membangun mekanisme komunikasi reguler di kedua belah pihak pemerintah dan militer sejak Biden menjabat pada bulan Januari."

Baca Juga: Kian Sangar, China Uji Coba Sistem Rudal HQ-9, Pertahanan Udara Paling Canggih yang BisaRatakan Musuh di Laut China Selatan

Awal bulan ini, Kurt Campbell, koordinator Indo-Pasifik Biden mengatakan, hotline antara China dan AS hanya berbunyi di "ruang kosong".

Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa tidak adanya saluran komunikasi krisis dapat menyebabkan konflik militer, mungkin dipicu oleh ketegangan di Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan.

Terlebih mengingat bahwa AS tahun ini telah mengirim kapal militer lima kali melalui Selat Taiwan dan melakukan tiga operasi kebebasan navigasi di Laut China Selatan, serta upaya konsolidasi dengan sekutunya untuk kehadiran yang lebih kuat di wilayah tersebut.

Namun, Shi mengatakan bahwa sejak akhir April, ada beberapa indikasi bahwa para pemimpin puncak di Beijing dan Washington secara kebetulan memerintahkan pasukan garis depan mereka untuk ditahan selama pertemuan dan keterlibatan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Negara Pasifik Debat Kusir gegara China 'Bantu' Rombak Landasan Bekas Perang Dunia II, Curigai Diam-diam Bangun Pangkalan Militer

"Terlepas dari perang kata-kata mereka, baik Tentara Pembebasan Rakyat dan rekan-rekan Amerika mereka cukup berhati-hati untuk menghindari tindakan provokatif untuk saling mengobarkan," kata Shi.

Ia menambahkan bahwa Angkatan Laut AS sejauh ini belum melewati garis median di Selat Taiwan.

Sumber militer setuju dengan Shi, mengatakan PLA akan mengharapkan angkatan laut dan udara Amerika untuk kembali ke Laut China Selatan untuk latihan musim panas reguler bulan depan.

"Setelah beberapa tahun pertemuan di wilayah tersebut, kedua militer telah terbiasa dengan kehadiran satu sama lain."

"Kapal perang dan pesawat mereka akan menjaga jarak aman selama pertempuran untuk mencegah potensi kecelakaan terjadi," tambah sumber tersebut. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : South China Morning Post

Baca Lainnya