Follow Us

Buntut Panjang Pertempuran Meletus di Tigray, Serangan Terbaru Ethiopia Tewaskan Sedikitnya 6 Tentara Sudan

Rifka Amalia - Minggu, 28 November 2021 | 19:35
Bendera Sudan
Pixabay

Bendera Sudan

Sosok.ID - Militer Sudan mengatakan, beberapa tentara Sudan tewas dalam serangan oleh pasukan Ethiopia di wilayah perbatasan yang disengketakan.

Dilansir dari Reuters via Al Jazeera, setidaknya, enam tentara Sudan tewas dalam serangan di wilayah perbatasan yang disengketakan.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (27/11/2021), militer Sudan mengatakan “pasukan kami yang bertugas mengamankan panen di Al-Fashaqa… diserang oleh kelompok pasukan dan milisi tentara Ethiopia, yang berusaha mengintimidasi petani dan merusak musim panen.”

Baca Juga: Hari Paling Mematikan Sejak Kudeta Sudan, 40 Orang Tewas, Ratusan Terluka, Polisi Ogah Tanggung Jawab

Pasukan Sudan "menolak serangan" dan "menimbulkan kerugian besar dalam kehidupan dan peralatan" di pihak Ethiopia, katanya.

Namun serangan itu menyebabkan "beberapa orang tewas" di antara pasukan Sudan, katanya, tanpa memberikan jumlah korban tewas.

Kantor berita Reuters, mengutip sumber-sumber militer, mengatakan sedikitnya enam tentara tewas dalam serangan itu.

Pejabat Ethiopia tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Baca Juga: Kudeta Sudan, 2 Orang Ditembak Mati dalam Protes Nasional, Puluhan Orang Berdarah-darah dari Arah Gedung Parlemen

Al-Fashaqa adalah zona perbatasan yang lama dibudidayakan oleh petani Ethiopia tetapi diklaim oleh Sudan.

Zona itu, yang juga berbatasan dengan wilayah Tigray yang bermasalah di Ethiopia, telah menyaksikan bentrokan mematikan sporadis antara kedua belah pihak selama beberapa tahun terakhir, tetapi meningkat tahun lalu.

Ketegangan meningkat setelah pertempuran meletus di Tigray pada November 2020 dan membuat puluhan ribu pengungsi mengungsi ke Sudan.

Source : Reuters, Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest