Follow Us

Xi Jinping Ketar-ketir, Jepang Ajak Indonesia Bahas Strategi Hadapi Kenekatan Tiongkok di Laut China Selatan

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 30 Maret 2021 | 19:48
Xi Jinping Ketar-ketir, Jepang Ajak Indonesia Bahas Strategi Hadapi Kenekatan Tiongkok di Laut China Selatan
Kementrian Pertahanan RRC dan Presidential Palace

Xi Jinping Ketar-ketir, Jepang Ajak Indonesia Bahas Strategi Hadapi Kenekatan Tiongkok di Laut China Selatan

Sosok.ID - Pertemuan tinggi menteri kembali digelar antaran Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Jepang, pada Senin (29/3/2021).

Berbagai topik pembahasan pun diungkapkan dalam pertemuan dua menteri tersebut.

Salah satunya yang mejadi sorotan adalah masalah mengenai Tiongkok dan Laut China Selatan.

Selain itu juga ada pembahasan mengenai penanganan covid-19 dan pinjaman luar negeri.

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada, Taktik Baru Tiongkok Rebut Laut China Selatan dengan Gunakan Nelayan Sebagai Tentara Perebut Wilayah, Filipina Sudah Mengalami?

Baca Juga: Dikenal Pintar Jiplak Barang Orang, Rupanya Tindakan China Jiplak Jet Tempur Rusia Membuat Negeri Panda Kena Batunya, Ada Konsekuensi Mengerikan yang Diterima China

Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu menyampaikan keprihatinan yang serius terhadap perkembangan politik China terkini termasuk Undang-Undang Penjaga Pantai, serta konflik Laut China Timur dan Laut China Selatan, menurut pernyataan tertulis dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kemudian berbagi keprihatinan yang serius terhadap kelanjutan dan penguatan percobaan oleh China yang mengubah status-quo secara sepihak dengan menggunakan kekuatan.

Selain itu, kedua Menlu mengkonfirmasikan pentingnya negara-negara berbagi nilai-nilai yang sama, seperti Jepang dan Indonesia dalam memahami dan memprakarsai terbentuknya ketertiban internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum.

Hal itu, diharapkan dapat mempertahankan perdamaian, kestabilan, dan kemakmuran dalam masyarakat internasional, dan kedua belah pihak akan melanjutkan kerja sama secara erat.

Baca Juga: Demi Hajar China, AS Panasi Mesin Perang di Laut China Selatan, Tekanan Maksimum yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya!

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest