Follow Us

TNI Makin Sangar! Indonesia Pamer Kapal Selam Buatan Sendiri, Prabowo: Bukan Gagah-gagahan, Kita Cinta Kemerdekaan!

Rifka Amalia - Rabu, 17 Maret 2021 | 19:00
Ilustrasi bendera Indonesia
Stocksy.com

Ilustrasi bendera Indonesia

Sosok.ID - Indonesia pada Rabu (17/3/2021), meresmikan kapal selam buatan dalam negeri, menciptakan tonggak sejarah baru bagi bangsa.

Kapal selam Alugoro-405 diresmikan di Surabaya, Jawa Timur oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Alugoro-405 dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melalui perusahaan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero).

PT PAL Indonesia bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan, Daweoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Baca Juga: Tiongkok Tak Bakal Berani Lewati Wilayah Indonesia di Laut China Selatan, Menhan Resmikan Armada Kapal Selam Baru TNI AL, Spesifikasinya Ngeri!

Nantinya, kapal ini akan dioperasikan oleh Komando Armada II (Koarmada) II.

Dalam prosesi penandatanganan berita acara serah terima kapal selam tersebut, Prabowo menilai kehadiran Alugoro-405 sebagai tonggak sejarah.

Sebab, untuk kali pertama galangan kapal milik perusahaan nasional, PT PAL, berhasil ikut serta dalam memproduksi kapal selam.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Bukan KRI Alugoro atau Scorpene, Ini Dia Kapal Selam Incaran Indonesia Karena Bisa Tembakkan Rudal Jarak Jauh, Rencana Dibeli untuk Hadapi Australia

"Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan," tuturnya.

Di hadapan seluruh tamu undangan, Menhan Prabowo mengatakan bahwa Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan hingga kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.

Source : Kompas.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest