Follow Us

Pelaku Rasisme terhadap Natalius Pigai Ternyata Relawan Pro Jamin, Ngaku Marah Tapi Tak Bermaksud Hina Papua: Orang Cerdas Tahu Itu Satire

Rifka Amalia - Selasa, 26 Januari 2021 | 18:00
Ambroncius Nababan, terduga aksi rasisme terhadap Natalius Pigai, mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (25/1/2021) malam.
IST dan TRIBUNNEWS/IGMAN IBRAHIM via GridHot.ID

Ambroncius Nababan, terduga aksi rasisme terhadap Natalius Pigai, mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (25/1/2021) malam.

Sosok.ID - Ketua Relawan Pro Jokowi-Maruf Amin (Pro Jamin) Ambroncius Nababan, membuat kehebohan karena mengunggah gambar yang bernada rasisme.

Ambroncius menyandingkan foto Natalius Pigai dengan gorila dan menyertakan keterangan bahwa vaksin dibuat untuk manusia.

Hal ini diakui Ambroncius merupakan respon kemarahan karena mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menolak vaksin Covid-19 dari pemerintah.

Menurut Ambroncius, penolakan Pigai meningkatkan keragu-raguan masyarakat untuk disuntik vaksin Covid-19.

Baca Juga: Natalius Pigai Diolok-olok Secara Rasis gegera Tolak Vaksin Pemerintah, Refly Harun Kecewa Tak Ada Tindakan: Kalau yang Dihina Pendukung Jokowi Langsung Ditangkap

Mengutip Kompas.com, kasus dugaan rasialisme ini telah diselidiki dan ditangani Bareskrim Polri.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono pada Selasa (26/1/2021).

"Yang bersangkutan masih sebagai saksi, dan proses masih ditangani oleh penyidik Bareskrim," ungkap Rusdi.

Sebelumnya, Ambroncius telah meminta maaf atas apa yang dilakukannya.

Ia mengaku tak bermaksud menghina masyarakat Papua.

Baca Juga: Natalius Pigai Ogah Diberi Vaksin dari Pemerintah: Saya Bisa Beli Sendiri, 10 atau 20 Juta yang Penting Saya Hidup!

"Saya memohon maaf kepada Saudara Natalius Pigai dan masyarakat Papua. Mungkin ada yang tersinggung dan menganggap saya menghina masyarakat luas, apalagi melakukan rasis," katanya, Senin (25/1/2021) melalui YouTube Widjaja Tjahjadi dikutip KompasTV via Kompas.com.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest