Follow Us

Kekuatan Tempur China Melejit Tajam Berkat Operasi Gabungan Pelatihan Silang, PLA Siap Bertandang ke Medan Perang!

Rifka Amalia - Senin, 25 Januari 2021 | 12:00
Foto: Pasukan militer China (PLA) telah meningkatkan kesiapan tempurnya sejak 2012 sejak Xi Jinping menjabat tahun 2012.
Xinhua

Foto: Pasukan militer China (PLA) telah meningkatkan kesiapan tempurnya sejak 2012 sejak Xi Jinping menjabat tahun 2012.

Sosok.ID - Militer China meningkatkan penggunaan operasi gabungan dan pelatihan lintas perwira untuk meningkatkan kesiapan berperang.

Perombakan lima tahun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yang berakhir tahun lalu, melihat restrukturisasi rantai komando untuk menjadikan pertempuran lintas layanan sebagai pendekatan dasar untuk operasi di masa depan.

Untuk membantu mengembangkan komandan dan staf operasi gabungan, PLA memulai program pelatihan 2021 dengan mengerahkan perwira militer di kapal angkatan laut dan membantu perwira angkatan udara ke unit roket tentara, PLA Daily melaporkan, dikutip Sosok.ID via SCMP, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Wanita Diduga Agen Mata-mata China Ditemukan Setengah Telanjang di Lemari Baju Pangkalan Militer Inggris Selama 2 Minggu, Tingkatkan Ketakutan Menyelinap ke Laut China Selatan

Mayor Li Mengchun dari Komando Teater Utara Angkatan Darat seperti dikutip tentang penugasannya di angkatan laut mengatakan bahwa pelatihan silang membantunya mengenali taktis dan teknis peralatan tempur angkatan laut.

"Selama pelatihan silang, saya menjadi akrab dengan kinerja taktis dan teknis dari peralatan tempur utama angkatan laut, dan juga mengembangkan pola pikir dan kebiasaan komunikasi operasi gabungan," katanya.

Yue Gang, seorang pensiunan kolonel senior PLA mengatakan peningkatan kemampuan operasi gabungan diperlukan untuk skenario pertempuran yang paling mungkin bagi militer China.

Seperti kampanye potensial melawan Taiwan yang akan bertujuan untuk "membunuh dengan satu pukulan", katanya.

Baca Juga: Harus Waspada! Tiongkok Semakin Nekat Lawan Indonesia, Kembali Ditemukan Benda Mirip Rudal Bertuliskan China Oleh TNI AL

“Ketika perang pecah, itu harus mencapai tujuan politiknya secepat mungkin. Dan teknologi militer modern berada pada titik di mana tidak ada satu atau dua layanan saja yang dapat melakukannya."

Bahkan jika tidak ada perang, China akan tetap mengasah kemampuan militernya sampai di tingkat siap menghadapi medan perang.

“Sekalipun perang tidak pernah pecah, PLA harus dilatih ke tingkat itu, sehingga dapat berfungsi sebagai pencegah yang efektif,” imbuhnya.

Source : South China Morning Post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest